UM Surabaya

Untuk mencegah hal ini, saat berbuka dan sahur perbanyak makan-makanan tinggi serat (misal: dari biji-bijian dan buah-buahan), banyak minum air putih dan jika ingin mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak pilihlah roti atau gandum.

3.Turunnya Tekanan Darah. Yang biasa dirasakan saat tekanan darah turun adalah keringat berlebih, rasa lemas, letih, lesu dan seperti tak ada energi.

Kita juga biasanya merasakan pusing terutama saat bangun, saat duduk, dan wajah cenderung pucat. Apabila dibiarkan, maka pingsan bisa saja terjadi. Pencegahan: Tingkatkan konsumsi cairan, minimal 1,5 liter.

4.Turunnya Kadar Gula Darah. Gejalanya seperti lesu, pening, tubuh mudah lelah, konsentrasi yang buruk, sakit kepala serta pusing saat sedang melakukan aktivitas.

Pastikan kita selalu berkonsultasi dengan dokter apabila penderita diabetes, namun bila tidak menderita, maka yang bisa dilakukan adalah mengurangi makanan yang terlalu manis saat sahur sehingga jumlah gula darah di dalam tubuh tetap seimbang.

Turunnya gula darah ini justru biasanya disebabkan karena tubuh terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat atau makanan manis di saat sahur, dan memicu tubuh memproduksi insulin lebih banyak.

5.Otot Kaku. Biasa disebabkan karena tubuh kelelahan, kurang konsumsi Kalsium, Magnesium dan Kalium. Pencegahan: Mengonsumsi makanan yang kaya akan Kalsium, Magnesium dan Kalium, seperti susu, daging, buah-buahan serta sayuran.

6. Maag. Naiknya kadar asam lambung saat perut kosong adalah hal yang biasa dialami beberapa orang saat sedang berpuasa. Ada rasa terbakar di sekitar ulu hati dan tidak nyaman di perut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini