UM Surabaya

Pencegahan: Hindari makanan-makanan terlalu pedas sepanjang berbuka dan sahur, hindari minuman bersoda serta makanan atau minuman yang rasanya asam.
Makanlah makanan berserat serta mengunyah 32 kali setiap makanan akan membantu pencernaan bekerja tidak terlalu keras.

Awali dengan minuman yang hangat terlebih dahulu sehingga perut tidak sampai ‘kaget’. Kita juga bisa mengonsumsi obat maag pada saat sahur atau berbuka sesuai anjuran dokter, sehingga maag tidak sampai mengganggu aktivitas.

Tubuh kita adalah ciptaan Allah yang amat ajaib yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri, apa yang dapat kita lakukan adalah mendukung tubuh melalui gizi yang optimal.

Yang pasti puasa ini bukanlah sesuatu penyembuhan yang bersifat mistis atau magis. Semuanya dapat dijelaskan secara ilmiah, dan terjadi karena memang tubuh kita memiliki kapasitas untuk menyembuhkan dirinya.

Sebenarnya tubuh sudah didesain untuk dapat berpuasa dengan aman. Biokimia tertentu mengalami perubahan pada saat tidak ada makanan dimasukkan ke dalam tubuh untuk digunakan sebagai sumber energi.

Tubuh akan mencari energi sendiri dengan membakar lemak dalam simpanan sambil tetap menjaga jaringan-jaringan yang vital.

Satu keajaiban yang luar biasa dari tubuh ialah, ia dapat mengganti sumber bahan bakar dengan melakukan perubahan biokimia pada saat berpuasa.

Glukosa adalah gula sederhana yang memasok kebutuhan energi bagi tubuh. Biasanya jika kita tidak makan satu atau dua hari, maka tubuh akan mulai menggunakan jaringan otot untuk membuat glukosa yang dibutuhkan karena glukosa dapat dibuat dari asam amino yang disimpan dalam otot.

Jika puasa diteruskan, maka tubuh akan menyadari apa yang terjadi dan akan menjaga otot-ototnya dengan berbagai cara lain.

Lemak akan dipecah menjadi asam lemak agar dapat digunakan oleh otot-otot, jantung dan hati kita sebagai sumber energi.

Namun otak sebagai pemakai energi yang paling besar pada saat kita istirahat, tidak dapat menggunakan asam lemak sebagai bahan bakar; ia memerlukan glukosa.

Adaptasi akan terjadi pada hari ketiga berpuasa, ia akan menggunakan ketone selain dari glukosa. Di saat itulah hati mulai memproduksi banyak ketone dengan bahan dari cadangan lemak dalam tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini