UM Surabaya

Sewaktu-waktu ketika anak lupa akan sebagian ayat atau surat yang telah dihafalnya, kemudian mendengarkan kembali rekamannya, ia menjadi optimis dan percaya diri bahwa ia pasti bisa menghafalkan Alquran seluruhnya.

Selain menjadikan anak mencintai Alquran, metode tersebut juga akan menjadi sarana evaluasi kualitas bacaan dan membantu anak memperbaiki bacaan sekaligus hafalan Alqurannya.

Kelima: Memberi Hadiah Atas Capaian Prestasi Anak dalam Membaca Maupun Menghafal Alquran

Tips agar anak cinta Alquran yang kelima adalah sering-sering memberi hadiah atas capaian prestasi yang mereka dapatkan. Karena, hal tersebut bisa merangsang anak untuk terus melakukan kebaikan dan berprestasi.

Hadiah tidak selamanya berbentuk barang mahal. Apa pun wujud hadiahnya, meskipun murah, yang terpenting memiliki manfaat dan dapat mendorong anak untuk melakukan kebaikan dan meninggalkan keburukan.

Anak akan sadar dan mengerti bahwa sebab ia mendapatkan beragam hadiah dan apresiasi dari orang-orang yang ia cintai adalah karena mereka mampu meraih prestasi dalam membaca maupun dalam menghafal Alquran. Sehingga, tumbuhlah kecintaan anak terhadap Alquran.

Keenam: Bacakan Kisah-kisah dalam Alquran Kepada Anak Sebelum Ia Tidur

Tips agar anak cinta Alquran yang keenam adalah membacakan kisah-kisah dalam Alquran kepada anak sebelum ia tidur.

Anak-anak sangat suka mendengarkan cerita. Jadikan momen sebelum tidur anak adalah momen spesial untuk mengatakan: “Sayang, tahu nggak kalau dalam Alquran itu ada cerita yang sangat menarik? Mau mendengarkan ceritanya?”

Jika ungkapan ini sering dikemukakan, maka perasaan suka yang terdapat dalam diri anak kepada kisah-kisah tersebut akan berbenih perasaan cintanya kepada Alquran.

Kemaslah kisah menggunakan bahasa dan alur yang mudah dipahami oleh anak, dan tutup kisah dengan membacakan ayat-ayat Alquran yang menceritakan kisah tersebut. Karena, apa yang anak dapatkan sebelum tidur sangatlah membekas dalam ingatan. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini