UM Surabaya

Grand Palace, Pusat Wisata di Kota Brussels

Grand Palace merupakan pusat wisata yang sangat cantik ada di pusat Kota Brussel. Grand Palace juga bisa disebut sebagai alun-alun kota. Bangunan di dalam juga ada Hall town, yang memiliki menara di tengah.

Umumnya para traveller akan berkunjung ke tempat ini. Corak bangunannya sangat gothic sekali. Dengan warna agak cokelat campur warna keemasan.

Bangunan tersebut dibangun pada abad ke 15 dan masih terawat dengan baik. Alun-alun Grand Palace juga merupakan salah satu alun-alun yang cantik di dunia setelah perang selama enam tahun.

Setiap tahun genap, di tengahnya akan di pasang karpet yang berwarna. Atau setiap dua tahun, pada acara festival bunga. Sehingga menambah kecantikan kota. Saat pasukan prancis melakukan penyerangan terhadap Brussel dahulu, Grand Palace merupakan salah satu bangunan yang selamat dari kerusakan.

Pada abad ke 15 pula, banyak peristiwa-peristiwa historical terjadi di alun-alun ini. Hendrik Vos dan Jan van Essen, salah seorang Lutheran pertama yang dibunuh dengan cara dibakar di kota tersebut.

European Union, Fatih Camii, dan Pusat Kota Brussel
Grand Palace, pusat Kota Brussel. foto: dok/pri

Karena mengikuti doktrin reformasi dalam agama Kristen. Ia dibakar pada tahun 1523 di alun-alun tersebut. Akibatnya, banyak pada biarawan yang mengakui Lutheran tidak berani bersuara pada era itu karena peristiwa pembakaran tersebut.

Berapa kali saya ikuti kegiatan webinar ataupun diskusi yang disponsori oleh Uni Eropa. Bahkan saya tidak jarang membuka akun Instagram akun Uni Eropa.
Termasuk pidato-pidato dari Ursula Von Der Leyen, tentang soal masa depan Uni Eropa dan tentang soal lingkungan.

Dari Gedung Le Berlaymonts, segala kebijakan yang menyangkut negara -negara eropa seperti soal ekonomi banyak dikendalikan oleh komisi Uni Eropa.

Bangunan Le Berlaymonts ini sangat penting, karena berkaitan dengan pusat pemerintahan. Dari stasiun ini dengan menggunakan bis, Gedung pemerintahan Uni Eropa dijangkau dengan 8 menit, kalau jalan kaki membutuhkan waktu sekitar 25 menit.

Bagi traveller, jangan salah mencari di Google. Karena bangunan Uni Eropa ada dua, bangunan kedua adalah tempat parlemen yang diwakili oleh masing-masing negara anggota Uni Eropa. Untuk bangunan utama pusat pemerintahan adalah Le Berlaymonts.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini