Saran Tindakan Bijak

Pertama, Gunakan Media Sosial Secukupnya

Media sosial sangat baik untuk bersilaturahmi dan berbagi wawasan dan informasi. Sisi-sisi yang bisa dimanfaatkan untuk mempererat tali persaudaraan perlu digunakan dengan baik.

Perdebatan yang membuang waktu, pikiran dan energi tidak perlu diikuti apalagi terlibat berlarut-larut di dalamnya.

Kedua, Berhenti Mengikuti Provokasi Debat

Berhenti mengikuti perdebatan di akun atau grup media sosial tertentu adalah salah satu jalan menjadikan hidup lebih tenang.

Mengikuti perdebatan apapun itu tidak menunjukkan kepedulian pada Islam atau semisalnya. Justru seorang muslim yang benar adalah yang meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.

Ketiga, Fokus Pada Dunia Nyata

Masih sangat banyak hal yang lebih penting dilakukan di dunia nyata. Sekolah, kuliah, kerja, organisasi, amal sosial, hingga kebersihan lingkungan jauh lebih penting dan perlu mendapat perhatian.

Manfaat yang muncul dari kepedulian dan fokus pada tugas yang semestinya di dunia nyata jauh lebih banyak dan jelas daripada mengikuti perdebatan di media sosial.

Keempat, Konsultasi Pada yang Ahli

Di media sosial akan ditemukan banyak hal yang aneh, janggal, meragukan dan memberikan berbagai kesan. Apalagi jika hal-hal itu berkaitan dengan sikap atau keputusan persyarikatan.

Setiap orang akan memberikan sikap dan komentar sesuai perspektif masing-masing. Sedangkan kader muda (secara khusus) bisa saja menerimanya tanpa filter yang kritis dan menimbulkan keraguan dan semisalnya.

Semua informasi itu bisa dikonsultasikan kepada mereka yang ahli di bidangnya, para tokoh, pengurus dan majelis serta lembaga bisa memberikan penjelasan yang lebih tepat daripada apa yang ditemukan di media sosial dari akun-akun yang tidak dikenal.

Muhammadiyah sendiri memiliki website yang sering mengunggah informasi-informasi penting berkaitan dengan persyarikatan. (muhammad utama al faruqi)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini