Berbeda, tapi Tetap Menjaga Ukhuwah
foto: afp-getty images

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Puasa Ramadan dimulai pada fase awal penampakan cahaya bulan.
Fase awal penampakan cahaya bulan itu disebut hilal.

Cara melihat hilal, pada masa lalu adalah dengan melihat langsung kemunculannya dengan mata telanjang, disebut rukyatul hilal.

Peredaran bulan itu berada pada garis edar tetap. Sehingga bisa dihitung. Maka kemudian muncul ilmu hisap atau ilmu perhitungan.

Di era modern sekarang ilmu hisab ketepatannya sudah sangat tinggi. Dapat memperkirakan datangnya gerhana bulan atau gerhana matahari sekian puluh tahun yang akan datang. Tepat pada tanggal, hari, menit dan detiknya.

Kembali dalam persoalan melihat hilal.

Dengan ilmu hisab adalah untuk menentukan hilal muncul atau tampak pada tinggi berapa derajat pada hari, tanggal, jam, sampai pada detiknya.

Jadi bukan karena penampakannya ditentukan dengan syarat pada berapa derajatnya. Indonesia membuat syarat hilal pada ketinggian 3 derajat. Padahal hilal bisa muncul atau tampak di bawah ketinggian kurang dari 3 derajat.

Sekali lagi, penampakan hilal adalah tanda telah bergantinya awal bulan. Bukan karena penampakan pada ketinggian derajatnya.

Karena itu, bagi yang meyakini 1 Ramadhan 1445 hari ini, Senin 11 Maret dan Ahad 10 Maret sudah Tarawih, Alhamdulillah.

Dan bagi saudaraku seiman yang menunaikan puasa Ramadan mulai besok, Selasa, 12 Maret dan Senin malam nanti salat tarawih, Alhamdulillah.

Insya Allah bulan suci Ramadan ini meski berbeda hari, tetap menjadikan umat menjaga ukhuwah.

Puasa tetap sehat wal afiat hingga meraih keutamaan Ramadan. Dosa diampuni, pahala berlipat, meraih malam lailatul qodar, menjadi hamba-Nya yang bertakwa serta kembali fitri.

Dan insya Allah, Allah anugerahkan pemimpin terbaik negeri ini khususnya demi kemuliaan Islam, umat Islam, dan tanah air Islam. Aamiin yaa rabbal alaamiin. (*)

1 Ramadan1445H

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini