Ramadan, Mahasiswa UMY Giatkan Tadarus Alquran di Masjid KH Ahmad Dahlan
Tadarus Alquran dengan target 2 juz tiap malamnya di Masjid KH Ahmad Dahlan. foto: umy

Tadarus menjadi salah satu program bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di bulan Ramadan 1445.

Tadarus dengan target 2 juz setiap malamnya dilakukan di Masjid KH Ahmad Dahlan UMY.

Tadarus berasal dari kata “darasa” yang artinya memelajari, meneliti, menelaah dan mengambil pelajaran. Tadarus Alquran berarti mempelajari Alquran.

Tadarus dapat dilakukan sendirian atau bersama-sama, baik di rumah, musala atau masjid.

Program tadarus di Masjid KH Ahmad Dahlan UMY didampingi dan dibimbing oleh takmir masjid yang sudah mahir membaca Alquran supaya bacaannya dapat ditingkatkan melalui bimbingannya.

Adapun manfaat tadarus ini untuk mahasiswa UMY adalah menumbuhkan kecintaan, memperlancar, terlatih membaca, serta memperoleh ilmu tentang Alquran dan mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Sesuai tema dari Ramadan di Kampus UMY, yaitu Ramadhan for the Goodness, yaitu menjalankan kebaikan yang diawali dengan berpuasa dan tadarus

Adil Cahyadi, ketua Ramadhan UMY 1445 perwakilan siswa, membahas tentang target dari tadarus.

“Tadarus dibaca setiap hari dengan target 30 juz yang akan selesai dalam 15 hari Ramadan dengan jumlah peserta tadarus dari mahasiswa dan panitia sekitar 80 orang,” jelas Adil, Ahad (10/3/2024).

“Semoga program tadarus ini menjadi ladang amal yang berkelanjutan bagi semua peserta dan menjadi inspirasi bagi orang lain untuk mengikuti jejak kebaikan yang sama baik di bulan Ramadan atau selepas Ramadan,” timpal dia. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini