Mesikipun ada pengganti raja berikutnya, namun kekuatan mereka tidak mampu melawan pasukan Turki Ustmani yang besar.

Kesultanan Turki Ustmani berhasil menduduki Hongaria pada tahun 1541-1699. Karena sejarah pendudukan oleh Turki Ustmani itu juga, banyak peninggalan islam yang tersisa. Seperti beberapa masjid yang ada di kota Pecs. Meskipun saat ini telah menjadi musium.

Kemudian, bagaimana dengan keadaan islam saat ini di Hongaria? Jumlah populasi di Hongaria saat itu sekitar 10 juta.

Sedangkan jumlah umat Islam sendiri secara pasti masih belum diketahui. Namun, banyak sumber yang menyebutkan populasi umat Islam di Hongaria sekitar 5.000.

Ramadan di Hongaria dan Kerinduan Mendengar Suara Azan
Buka Bersama di Masjid Kota Szeged. foto: dok/pri

Penentuan Waktu Datangnya Ramadan

Magyar Iszlam Kozosseg dan Magyarországi Muszlimok Egyházá (MME) adalah dua organisasi Islam yang paling dikenal di Hongaria.

Pengikut ataupun anggota dari kedua organisasi tersebut sebagian besar berasal dari timur tengah dan Afrika, serta Turki.

Untuk menentukan jalannya Ramadan, meskipun keduanya berbeda waktu dalam mengumumkan akan tetapi keduanya sama-sama menggunakan hisab.

Misalkan Magyar Iszlam Kozosseg sudah mengumumkan dan bahkan mengedarkan jadwal imsakiyah untuk wilayah Hongaria satu minggu sebelumnya.

Sedangkan MME mengumumkan belakangan. Akan tetapi, secara organisatoris, MME merupakan member Council of European Muslim. Yang mana Council of European Muslim sudah mengumumkan Ramadhan tahun 2023 jauh-jauh hari melalui media sosial.

Hampir semua organisasi Islam di Eropa, mayoritas menggunakan metode hisab. Hampir semua negara tidak memiliki perbedaan hari raya, khususnya yang berada di wilayah Eropa.

Misalkan, Jerman, Belanda, Hongaria, dan Spanyol dalam 5 tahun terakhir berdasarkan pelacakan penulis, tidak memiliki perbedaan Ramadhan dan hari raya.

Jadi hampir pasti tidak ada perdebatan soal kapan tanggal Ramadhan akan Jatuh. Dan kapan hari raya akan jatuh.

Karena mereka telah menentukan datangnya Ramadan menggunakan metode hisab.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini