UM Surabaya

Adapun Islam dalam keyakinan Muhammadiyah yakni agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW, ialah apa yang diturunkan Allah SWT di dalam Alquran dan yang tersebut dalam sunah yang sahih, berupa perintah-perintah dan larangan-larangan petunjuk kebaikan manusia di dunia dan di akhirat.

“Agama itu harus mendatangkan kebaikan baik didunia maupun di akhirat untuk umatnya, sehingga jika agama itu menentang ilmu pengetahuan atau sains itu menunjukkan sebuah agama itu tidak memberikan yang namanya kebaikan, karna hidup itu harus berkembang dan zaman itu berubah. oleh karena itu agama harus memberikan petunjuk dan larangan yang membawa kebaikan,” terang Budi.

Dia lalu menjelaskan, kata ilmu dengan berbagai bentuk terulang 845 kali di dalam Alquran.

Kata ini digunakan dalam arti proses pencapaian pengetahuan dan objek pengetahuan. ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang bersifat ilmiah, yang dihasilkan melalui proses penelitian, pembuktian, pengujian, percobaan secara mendalam, sistematis, objektif, dan komprehensif, dengan menggunakan berbagai mode dan pendekatan penelitian.

Ilmu pengetahuan membuat manusia menjadi dekat dengan penciptanya dan terangkat derajatnya. Allah SWT berfirman:

قُلْ هَلْ يَسْتَوِى ٱلَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَٱلَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ

“Katakanlah: “adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. (Az-Zumar : 9)

يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Mujadalah : 11)

Budi lantas menyampaikan, ketika orang mempunyai pengetahuan ditambah dengan iman maka orang tersebut akan di angkat derajatnya, karena Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini