UM Surabaya

“Di dalam hadis juga sudah jelas bagaimana Islam mewajibkan seorang muslim untuk menuntut ilmu. Islam sangat mendukung ilmu pengetahuan,” tegasnya.

Berikut adalah hadis keutamaan menuntut ilmu:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu (belajar), maka Allah akan mudahkan jalannya menuju surga” (HR Muslim)

Menurutnya, ilmu pengetahuan itu harus membaca termasuk membaca Alquran. Karena Alquran mendahului ilmu sains, sebelum diketahuinya ilmu biografi Allah sudah berbicara bumi mempunyai 7 lapisan, seperti yang tertera pada ayat di bawah ini:

ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ سَبْعَ سَمَٰوَٰتٍ وَمِنَ ٱلْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ ٱلْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ ٱللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَىْءٍ عِلْمًۢا

“Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.” (QS At Talaq 12)

“Seperti apa yang dikatakan oleh BJ Habibie, ‘Saya diberikan kenikmatan oleh Allah ilmu teknologi sehingga saya bisa membuat pesawat terbang, tapi sekarang saya tahu bahwa ilmu agama lebih bermanfaat untuk umat Islam, kalau saya disuruh memilih maka saya akan memilih ilmu agama,” terang Budi.

Begitu juga dengan apa yang dikatakan oleh Buya Hamka. “Iman tanpa ilmu bagaikan lentera ditangan bayi, namun ilmu tanpa iman bagaikan lentera di tangan pencuri”

Sehingga jika seseorang memiliki ilmu tanpa iman maka ia akan gunakan ilmunya untuk berbuat maksiat, begitu juga orang yang mempunyai iman tapi tidak memiliki ilmu seperti lentera di tangan bayi yang akan membakar dirinya sendiri.

“Sebagai seorang muslim yang beriman pastikan kita memiliki ilmu pengetahuan. karena dengan ilmu hidup akan menjadi mudah, dengan seni hidup akan menjadi indah, dan dengan agama hidup menjadi lebih terarah,” tanas Budi. (putri handayani/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini