Kebaikan Selama Menyegerakan Berbuka Puasa
foto: freepik
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Dari Sahal Ibnu Sa’ad radliyallaahu ‘anhu bahwa  Rasulullah  shalallaahu alaihi
wasallam bersabda:

“Manusia akan tetap dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.”  (HR. Bukhari 1957 dan Muslim 1098)

Pelajaran yang terdapat di dalam hadis:

Salah satu sunah yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika berpuasa adalah bersegera dalam berbuka dan tidak menunda-nunda ketika waktu berbuka telah tiba.

Disunahkan bersegera berbuka. Para ulama telah sepakat atas hal tersebut.

Jika telah jelas terbenamnya matahari dengan pengelihatan mata, atau berita orang yang terpercaya, atau persangkaan kuatnya bahwa matahari telah terbenam dan saat kumandang azan maghrib maka bersegera berbuka.

Menyegerakan berbuka adalah tanda kebaikan, selama orang bersegera berbuka, maka kebaikan akan senantiasa bersamanya, namun jika ia mengakhirkannya kebaikan itu akan hilang pula.

Kebaikan yang yang diisyaratkan dalam hadis tersebut adalah kebaikan karena mengikuti sunah.

Tidak diragukan bahwa mengikuti sunah adalah sebab kebaikan dunia dan akhirat.

Tema hadis yang berkaitan dengan Alquran:

Berikut adalah salah satu ayat Alquran yang menjelaskan puasa hingga waktu berbuka puasa.

Ada beberapa hal yang dilarang saat menjalankan ibadah puasa, kemudian juga menjelaskan kapan mulai berpuasa dan kapan harus mengakhirinya.

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu.

Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat- ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 187). (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini