RSUM Aminah Kota Blitar Memperoleh Sertifikasi Halal Produk Unit Gizi Bersama Halal Center UMSurabaya
Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Aminah Kota Blitar Memperoleh Sertifikasi Halal Produk Unit Gizi.

Rumah Sakit Umum Muhammadiyah (RSUM) Aminah Kota Blitar menggandeng Halal Center Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) untuk mendampingi persiapan dan mengawal proses sertifikasi halal untuk unit gizinya.

Kolaborasi yang intens serta pendampingan intensif selama empat (4) bulan, berakhir dengan tersertifikasinya produk Unit Gizi RSUM Aminah Kota Blitar menjadi produk gizi yang tersertifikasi halal oleh MUI melalui BPJPH pada tanggal 28 Februari 2024.

Menurut Ketua Halal Center UM Surabaya, Dr dr Muhammad Anas, Sp.OG, proses pendampingan yang dilakukan oleh tim Halal Center UM Surabaya terhadap Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Aminah Kota Blitar mencakup persiapan dokumen dan pemenuhan persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Kolaborasi yang baik antara kedua belah pihak, yaitu Tim Halal Center UMSurabaya dan Tim Manajemen Halal Rumah Sakit Umum Aminah Blitar, telah memastikan kelengkapan dokumen dan persyaratan halal terselesaikan dengan baik.

“Kami sangat bangga dapat berperan serta dalam mendukung Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Aminah Kota Blitar untuk memperoleh sertifikasi halal untuk produk makanan minuman unit gizinya,” ujar Muhammad Anas.

Kerjasama yang baik antara Tim Halal Center UM Surabaya yang dikoordinir oleh Ali Imadudiin Futuwwah, SSos, M.SM dan Tim Manajemen Halal Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Aminah Kota Blitar telah membawa hasil yang memuaskan.

Sertifikasi halal untuk Unit Gizi RSUM Aminah Kota Blitar adalah langkah penting dalam memastikan bahwa layanan yang disediakan oleh rumah sakit tersebut telah memenuhi standar kehalalan yang tinggi sekaligus thoyyib (baik dan sehat).

Hal ini juga mencerminkan komitmen dari Tim Manajemen Halal untuk menjaga konsistensi kehalalan proses dan produk makanan minuman unit gizi ke depannya, bukan hanya pada keluarnya sertifikat halal belaka.

Kepastian akan kehalalan dalam layanan kesehatan produk makanan minuman unit gizi menjadi kunci penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit.

Diharapkan, langkah ini juga dapat menjadi best practice bagi rumah sakit lain untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kehalalan produk makanan minuman khususnya dalam pelayanan kesehatan.

Direktur RSU Aminah Blitar, dr. Prima Isnaeni, MMR mengaku sangat senang atas keluarnya sertifikat halal untuk produk makanan minuman Unit Gizi Rumah Sakit yang dipimpinnya.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas pendampingan yang dilakukan oleh Halal Center UM Surabaya dari awal sampai akhir yang selalu siap siaga membantu kesulitan yang dialami Tim Manajemen Halal Rumah Sakit kami. Semoga aktivitas ini menjadi kerja sama yang barokah bagi keduanya,” ujar dr Prima Isnaeni MMR.

Kesuksesan dalam mendapatkan sertifikasi halal untuk Unit Gizi Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Aminah Kota Blitar merupakan prestasi yang membanggakan bagi kedua belah pihak.

Hal ini juga menandai komitmen Halal Center UM Surabaya dalam mendukung Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) untuk memenuhi standar kehalalan dan ke-thoyyiban dalam layanan kesehatan mereka, khususnya dalam pengelolaan produk makanan minuman unit gizi. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini