Puasa Ramadan Menyenangkan Bagi Anak? Dosen Umsida Bagikan 6 Tips Ini
Ilustrasi foto: getty images
UM Surabaya

Penting bagi orang tua untuk membuat puasa Ramadan terasa seperti saat yang menyenangkan dalam kehidupan anak. Jika tidak, anak tidak akan terlalu terdorong untuk melakukannya.

Bagi para orang tua yang memiliki anak kecil, yang lebih istimewa adalah kesempatan untuk mengajari anak-anak kita tentang indahnya bulan suci ini, untuk ikut melakuka puasa Ramadan.

Meskipun anak-anak tidak harus berpuasa sebelum mereka memasuki masa pubertas, tidak ada kata terlalu dini untuk mulai mempersiapkan mereka menghadapi prestasi tahunan ini.

“Sejak usia 7 tahun, kita sudah bisa menganjurkan puasa Ramadhan meski hanya beberapa jam atau setengah hari seperti yang biasa kita lakukan,” Kemil Wachidah SPdI MPd, dosen prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Senin (18/3/2024)

Kemil memberi tips bagi orang tua yang ingin mengenalkan puasa untuk membantu membuat perjalanan puasa sang buah hati menjadi menyenangkan.

1. Ajari Anak Mengapa Kita Berpuasa Ramadan?

Mengajari anak-anak tentang keutamaan puasa dan alasan kita menjalaninya selama bulan suci akan memberi mereka pemahaman yang baik tentang puasa dan memotivasi mereka untuk mulai berpuasa karena Allah (SWT).

Alquran menjelaskan: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu banyak belajar ketakwaan dan kesalehan” (2:183).

Bacakanlah kepada anak Alquran dan bagikan kepada mereka apa yang diperintahkan Allah (SWT) di bulan itu.

Saat bulan Ramadan, kita berpuasa untuk menyenangkan Allah SWT dan mengingatkan diri kita akan kemanusiaan kita, membagikan hal ini kepada anak akan membantu mereka memahami mengapa hal ini penting sebagai seorang Muslim.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini