UM Surabaya

Hidup Bahagia

Berbuat baik bagi hamba Allah adalah kewajiban dan kebutuhan agar hidup bahagia dan bernilai. Allah SWT berfirman:

“Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.” (QS. Al-Baqarah: 83).

Ayat di atas terang memberi kita penjelasan bahwa penting bagi seorang hamba Allah berbuat baik dalam tiap kesempatan di sepanjang usia. Berbuat baik dalam Islam, disebut juga dengan istilah ihsan.

Ihsan dapat didefinisikan sebagai jati diri seorang hamba Allah yang terus berusaha sepanjang hayat melakukan kebaikan dan menahan diri untuk tidak mengganggu hak orang lain.

Manusia ini dengan segala kekurangan dan kelebihan yang ia miliki, justru malu jika melakukan hal-hal yang tidak baik.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berujar:

“Sesungguhnya Allah telah menetapkan perbuatan baik (ihsan) atas segala sesuatu. Jika kalian membunuh maka berlakulah baik dalam hal tersebut. Jika kalian menyembelih berlakulah baik dalam hal itu, hendaklah kalian mengasah pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihannya.” (HR. Muslim)

Jika kita telaah hadis di atas, dapat di simpulkan bahwa hidup mengharuskan kita berlaku baik dengan siapa pun, bahkan dengan hewan dan tumbuhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini