Respons Gempa, PW Muhammadiyah Jatim Tunggu Hasil Assessment
Ketua MDMC PWM Jatim, Rofi'i, ST.MT

Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Wilayah Muhammadiyah atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jatim saat ini masih menunggu hasil penilaian atau assesment di lapangan.

“Untuk gempa yang terjadi hari ini, MDMC Gresik sedang komunikasi dengan tim di Bawean,” ungkap Ketua MDMC PWM Jatim, Rofi’i, ST.MT saat dihubungi RRI Surabaya melalui WA chat, Jumat malam (22/3/2024).

Dijelaskannya, untuk daerah di Bawean yang sudah berdampak pihaknya mengamanahkan kepada MDMC Gresik untuk melakukan koordinasi dengan penghubung di Bawean.

“Kalau cakupan dampaknya besar, maka MDMC Wilayah akan segera mengerahkan MDMC Kabupaten sekitar Gresik untuk melakukan respon tanggap bencana,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Stasiun Geofisika Tretes, sampai pukul 20.17 WIB telah terjadi 84 kali gempa bumi.

Gempa pertama terjadi  jam 11.22 WIB, disusul dua kali gempa yang bisa dirasakan masyarakat. Pertama dengan magnitudo 5.3 pada jam 12.31 WIB dan jam 15.46 WIB dengan magnitudo 6.5 , dan ini masih berpotensi ada gempa susulan. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini