7. Tidur siang

Tidak ada salahnya untuk tidur siang saat puasa, karena hal itu juga merupakan salah satu pahala yang bisa didapatkan. Tapi sebaiknya tidur siang hanya selama 30 menit saja.

Karena jika terlalu lama, tubuh justru akan semakin lemas, menyebabkan sakit kepala, dan sulit tidur pada saat malam hari.

Perhatikan pula waktu yang tepat untuk tidur siang, setelah menjalankan salat zuhur misalnya.

8. Menghindari aktivitas yang berat di siang hari

Lemas, letih, lesu, dan kehilangan tenaga saat puasa seringkali terjadi pada saat siang hari. Oleh karena itu, hindarilah pekerjaan berat di siang hari, terutama ketika matahari sedang terik atau menjelang berbuka puasa.

Hal itu bisa mengakibatkan energi akan terkuras dan membuat tubuh semakin lelah. Jika ingin melakukan kegiatan yang berat atau pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi, hendaknya dilakukan di waktu tenang.

9. Tidak tidur Setelah sahur

Tips produktif berpuasa yang terakhir adalah tidak tidur setelah sahur. Aktivitas yang satu ini mungkin banyak yang melakukan.

Namun hal ini perlu dihindari. Tidur setelah sahur membuat tubuh menjadi lebih lelah dan lesu saat bangun.

Selain itu, tidur setelah sahur juga bisa dapat mengganggu ritme tubuh dan sulit bangun tepat waktu menjelang berbuka puasa.

Aktivitas ini bisa digantikan dengan hal yang bermanfaat lainnya, seperti membaca Alquran, melakukan ibadah sunah, atau berolahraga pagi. (romadhon)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini