Sebagaimana mengutip sebuah hadits yang disabdakan oleh Rasulullah: “Barang siapa berpuasa karena iman dan mengharap pahala (ihtisaban), maka akan diampuni dosa-dosa mereka yang telah lalu”.

Jadi ada dua modal sebagai input seseorang muslim menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan yaitu modal iman dan motivasi berharap pahala dari Allah Swt.

Berikutnya adalah unsur prosesnya. Proses ibadah yang dijalankan di bulan Ramadan ini adalah puasa atau syiam.

Puasa adalah sebuah proses menahan diri untuk tidak makan dan minum, serta menahan hawa nafsu dari syahwat.

Di dalam proses berpuasa, selain dilarang atau menjauhi hal-hal yang dapat membatalkan puasa, juga dianjurkan untuk menjauhi hal-hal yang dapat merusak nilai pahala puasa. Yang disebabkan karena melakukan perbuatan dosa. Baik itu dosa kecil apalagi dosa besar.

Oleh karena itu, di saat proses berpuasa berjalan di bulan Ramadan, kita dianjurkan untuk mengerjakan amalan-amalan yang bermanfaat agar terhindar dari amalan-amalan yang bernilai sia-sia.

Kita dianjurkan untuk memperbanyak berinteraksi dengan Alquran melalui membaca atau tilawah dan tadabur Alquran. Termasuk juga mengkaji ilmu, memperbanyak salat dan memperbaiki kualitasnya, serta memperbanyak infak dan sedekah.

Jika diumpamakan kita sedang menjalankan perdagangan, maka amalan-amalan di atas adalah barang dagangan yang kita jual ke Allah dan kita tidak akan pernah mengalami kerugian (tijaratan lan tabur).

Sebagaimana yang disebutkan dalam Q.S. Fathir ayat 29 artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itulah mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.”

Berikutnya, terkait dengan sisi luaran atau output yang diharapkan dari konsep manajemen puasa ini adalah menjadi orang-orang bertaqwa. Pertanyaannya adalah, seperti apa kriteria orang yang bertakwa itu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini