Syafig Mughni Sampaikan 6 Prinsip Dakwah Kemanusiaan Muhammadiyah
Syafiq A. Mughni di Pengajian Ramadan PP Aisyiyah.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syafiq A. Mughni, Muhammadiyah adalah organisasi dan gerakan dakwah. Dakwah Muhammadiyah ini dilakukan dalam ranah keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan. Itu semua

Ia lantas menyebutkan, enam prinsip dakwah kemanusiaan yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Hal itu disampaikan Syafig di Pengajian Ramadan 1445 H Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah yang berlangsung di Convention Hall Masjid Walidah Dahlan UNISA Yogyakarta, Sabtu (23/3/2024).

Pertama, dakwah kemanusiaan disebut Syafiq merupakan mandat bagi seluruh manusia. Kedua, kemuliaan manusia.

“Manusia adalah makhluk yang mulia maka dakwah kemanusiaan penting dilakukan untuk mempertahankan harkat marbat manusia, untuk memulihkan kemuliaan manusia ketika mengalami masalah,” ujarnya.

Baca juga: Syukuri Zayed Award, Aisyiyah Perkuat Misi Kemanusiaan di Ranah Lokal maupun Global

Ketiga, keragaman agama, suku, bangsa, budaya. Keragaman ini disebut Syafiq adalah arena dimana Muhammadiyah berdakwah.

“Maka posisi dakwah adalah dengan terjun di arena itu semua dan bergerak melakukan transformasi. Di tengah-tengah keragaman inilah kita harus menyadari tidak bisa berpikir hitam putih, tetapi ada nuansa yang beragam dimana kita terjun kesana,” ujarnya.

Keempat, hubungan antarbangsa. “Prinsip hubungan antar bangsa di mana tugas Muhammadiyah sekarang tidak hanya cukup berada di batas kota tertentu, bukan hanya besifat nasional, tetapi menjadi fenomena global karena ada tuntutan kesana sehingga dalam berdakwah kita tidak lagi disekat perbedaan.”

Kelima, hubungan antar agama dan kepercayaan. Dimana kerjasama dilakukan bukan hanya antar agama tetapi juga dengan kelompok kepercayaan yang ada. Keenam, kerjasama dalam kebajikan dan takwa.

“Disinlah kancah kita melakukan dakwah kemanusiaan secara global,” jelasnya.

Kerja-kerja dakwah kemanusiaan yang dilakukan baik oleh Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah ini disebut Syafiq adalah pekerjaan yang sangat mulia dan kita perlu memperkuat kemampuan dan skil kita sehingga bisa melakukan tugas dakwah kemanusiaan semesta dengan lebih baik.

Syafiq menambahkan, berbagai kiprah dakwah kemanusiaan Muhammadiyah ini juga sudah diakui di ranah global salah satunya dengan Muhammadiyah mendapatkan penghargaan Zayed Award for Human Fraternity pada awal tahun 2024. (suri/tim)

 

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini