Jangan Kau Bully Mereka yang Menasihatimu
foto: aboutislam

Kalaulah pemberi nasihat harus sempurna dan bersih dari dosa dosa tentulah keadaan umat ini sudah tiada tentu arah.

Kalaulah pemberi nasihat itu di-bully dengan slogan nyinyir, lantas dengan media apa nasihat bisa disampaikan agar tepat sasaran?

Sebab kita juga belum tentu selalu benar dengan amal perbuatan tanpa ada kesalahan.

Pemberi nasihat itu sesungguhnya sayang kepadamu. Tiada keuntungan materi ataupun jabatan yang ia dapat dengan memberikan nasihat bahkan konsekuensinya di-bully, dijauhi, dan dimusuhi.

Menasihati adalah konsekuensi sebagai sesama muslim. Bukankah Allah SWT memerintahkan kita untuk saling nasihat-menasihati dalam kebenaran dan kesabaran?

Apa pun bentuk nasihat itu adalah sebuah tanda kasih sayang sebagai saudara seiman.
Yang akan dipertanyakan saat hari penghisaban.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْمُؤْمِنِ عَلَى الْمُؤْمِنِ سِتُّ خِصَالٍ يَعُودُهُ إِذَا مَرِضَ وَيَشْهَدُهُ إِذَا مَاتَ وَيُجِيبُهُ إِذَا دَعَاهُ وَيُسَلِّمُ عَلَيْهِ إِذَا لَقِيَهُ وَيُشَمِّتُهُ إِذَا عَطَسَ وَيَنْصَحُ لَهُ إِذَا غَابَ أَوْ شَهِدَ

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Ada enam kewajiban seorang muslim kepada mukmin yang lain. Apabila saudaranya sakit hendaknya dia jenguk. Apabila dia akan meninggal hendaknya dia ikut menyaksikannya. Apabila bertemu maka hendaknya dia ucapkan salam kepadanya. Apabila dia bersin hendaknya mendoakannya. Dan apabila dia pergi/tidak ada atau sedang hadir–ada di hadapannya–maka hendaknya dia bersikap nasihat kepadanya.” (HR. Tirmidzi, beliau berkata hadis hasan sahih)

Agama adalah Nasihat

Kesempurnaan seseorang ada empat perkara: iman dan amal saleh dua hal ini berkaitan dengan diri pribadi.

Adapun dua yang lain adalah saling memberi nasehat dalam perkara hak dan dalam kesabaran. (Tawashou bil hal dan tawashou bis shobr ) dua hal ini berhubungan dengan orang lain.

Kualitas agama seseorang diukur dengan nasihat. Orang beriman dan berilmu yang baik jika mau memberi nasihat karena Allah, dan orang awam dia akan menjadi baik jika menerima nasihat. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini