Ketika bangun setelah tidur malam yang nyenyak, pikiran Anda menjadi fresh dan jernih. Kemudian Anda akan mengetahui jalan yang benar untuk diikuti.

Jadi, dengan cara tertentu, Anda mendapatkan petunjuk atau bimbingan dari Allah, bahkan saat Anda tidur atau tidak sadarkan diri setelah mengerjakan salat ini.

Tentu saja, salat ini tidak harus dilakukan tepat sebelum tidur. Tidak bakal ada tulisan di langit yang akan mengarahkan Anda untuk melakukan ini atau itu, tetapi entah bagaimana dalam mimpi Anda bisa mendapatkan petunjuk dari Allah.

Ini adalah tingkat petunjuk yang lebih rendah daripada tingkat petunjuk yang diberikan kepada para Nabi.

Petunjuk yang diberikan kepada para Nabi biasa disebut wahyu dan petunjuk yang diberikan kepada orang lain bisa disebut ilham, sejenis petunjuk yang berbeda dengan yang diberikan kepada para Nabi.

Namun perlu diingat, mimpi bukanlah sesuatu yang lebih bisa diandalkan melebihi kitab suci. Maka Alquran lah yang harus kita ikuti.

Jika mimpi itu sesuai dengan Alquran, ya bagus. Tetapi jika mimpi itu bertentangan dengan Alquran, maka kita harus mengabaikan mimpi itu dan mengikuti Alquran. (*)

*) Artikel ini tayang di suaramuhammadiyah.id

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini