UMY Jadi PTS dengan Guru Besar Terbanyak di DIY
UM Yogyakarta tambah tiga Guru Besar.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menambah tiga guru besar setelah Surat Keputusan (SK) dari LLDIKTI Wilayah V turun pada Senin (25/3/2024). Penambahan jumlah guru besar ini menjadikan UMY sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbanyak di DI. Yogyakarta yang memiliki guru besar. Tercatat saat ini total guru besar UMY sudah mencapai 46 dan masih akan terus bertambah.

Ketiga guru besar teranyar UMY ini adalah Prof. Erna Rochmawati, Guru Besar Bidang Ilmu Keperawatan Medikal Bedah, Prof. Dr. Suciati Guru Besar Bidang Ilmu Psikologi Pendidikan Islam, dan Prof. Sudarisman, Guru Besar Bidang Ilmu Mekanika Material.

Kepala LLDIKTI Wilayah V, Prof. Setyabudi Indartono menyampaikan UMY menjadi PTS dengan jumlah guru besar terbanyak di DI. Yogyakarta di atasnya Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

“Termasuk juga di wilayah V ini ada 206 guru besar, jadi kalau di UMY sudah 46, berarti sudah seperempatnya,” kata Setyabudi.

Dalam catatannya, UMY berpotensi besar menambah jumlah guru besarnya. Pasalnya, saat ini UMY sudah memiliki 126 Lektor Kepala, 306 jabatannya Lektor, dan 314 dosen dengan gelar Doktor.

Setyabudi menjelaskan, dengan turunnya SK Guru Besar ini bisa menjadi pemicu untuk semakin berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Termasuk mengakselerasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

Khususnya di bidang penelitian, kata Setyabudi, guru besar harus memberikan porsi besar pada bidang ini. Dia beralasan dari penelitian ini buku-buku akan lahir, dan menjadi bahan ajar bagi mahasiswa.

“Justru dengan penelitian itu menjadi buku ajar, buku teks yang kita diseminasikan tidak hanya di seminar tapi juga di kelas,” harapnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini