UM Surabaya

Kegiatan yang dilaksanakan sangat padat dan sampai larut malam serta dilanjutkan bakda subuh sampai siang hari. Peserta secara istikamah dapat menyimak berbagai materi penting yang disampaikan oleh para narasumber.

Materi ke-1: “Bulan Ramadhan dan Peneguhan Visi Organisasi yang Bermarwah, Berkemajuan, dan Berorientasi pada Kepastian Masa Depan” disampaikan oleh Prof Dr Ahmad Dahlan MAg, Dr Iu Rusliana MSi, dan Acep Muharrom T Syamsudin SH.

Materi ke-2: “Muhammadiyah dan Tantangan Modernitas: Digitalisasi, E-Commerce, Media Sosial, dan Pengembangan Industri Halal” disampaikan oleh Prof Dr Wahyu Srigutomo MSi, Prof Dr Yadi Janwari MA, dan Dr Muhammad Hasanudin.

Materi ke-3: “Kalender Hijriah Global: Tantangan dan Strategi Implementasi” disampaikan oleh  Dr Sofian El Hakim dan Dr Pranoto.

Materi ke-4: “Teladan dan Spiritualitas KH Ahmad Dahlan” disampaikan oleh Ir Munichy B Edrees MArch IAI AAI (cicit KH Ahmad Dahlan sang pendiri Muhammadiyah), Dr Dadang Syaripudin, Drs Dikdik Dahlan Lukman MHum, dan H Suhada.

Materi ke-5: “Kajian Fikih Zakat dan Wakaf Kontemporer” disampaikan oleh Dr Ayi Yunus Rusyana MAg, Dr Zaini Abdul Malik MAg, Muh Ramdan Widi Irfan MM, dan Chafid Seffriyadi MPd.

Materi ke-6: “Nilai-nilai Ibadah Shaum dan Program Penguatan Keluarga Tangguh, Program Ramah Lansia, Perempuan Berkemajuan, dan Perlindungan Anak” disampaikan oleh Prof Dr Mahmud Syafei dan Dra Ia Kurniati MPd.

Materi ke-7: “Muhammadiyah, Penguatan Cabang dan Ranting, Pemberdayaan Masyarakat, Penanganan Bencana, dan Isu-Isu Lingkungan Hidup” disampaikan oleh Jamjam Erawan, MAP, Usep Sudrajat SH MH, dan Dr Ace Somantri.

Kegiatan Pengajian I’tikaf Ramadan ini ditutup pada Ahad (31/03/2024) pukul 11.30 WIB.

Ketua PWM Jawa Barat Prof Dr Ahmad Dahlan menyampaikan pesan supaya semua aktivis persyarikatan di Jawa Barat dapat mengimplementasikan semua ilmu dan wawasan yang diperoleh selama ikut kegiatan ini.

“Tentunya dilandasi dengan girah dan spiritualitas Ramadan yang dapat dirasakan oleh kita semua,” tandas Prof Ahmad Dahlan. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini