Tiga Agenda Penting yang Perlu Dijalankan Pimpinan Muhammadiyah
Haedar Nashir di Universitas Muhammadiyah Surakarta. foto: ist

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Haedar Nashir melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dalam rangka peresmian Gedung Pendidikan Profesi dan Pengajian Ramadan dan buka bersama, Senin (1/4/2024).

Kegiatan ini berlangsung di dua lokasi yakni Gedung Pendidikan Profesi dan Ruang Rapat Badan Pengurus Harian (BPH) Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Dimulai dengan peresmian Gedung Pendidikan Profesi, kemudian dilanjutkan dengan pengajian Ramadan.

Haedar Nashir menyebut potensi-potensi kemajuan Muhammadiyah telah dicetuskan sejak awal oleh KH. Ahmad Dahlan.

“Kemajuan yang digagas KH Dahlan telah membuat Muhammadiyah memiliki tradisi besar melalui pikiran-pikiran yang tersistemasi,” ujar dia.

Sejalan dengan tradisi besar yang diusung KH Dahlan, Haedar berharap para Pimpinan di Muhammadiyah dapat menjalankan tiga hal.

Pertama, harus terdapat agenda internalisasi nilai Islam dan Kemuhammadiyahan di segala perangkat sistem untuk terus dimasifkan. Kedua, pembudayaan. Ketiga, pelembagaan yang menjadi tugas besar bagi pimpinan.

Haedar berharap tiga agenda tersebut dapat dimasifkan oleh Pimpinan Muhammadiyah melihat saat ini peran media sosial yang sangat besar.

“Segenap Pimpinan dan warga Muhammadiyah diharapkan dapat menyebarkan nilai-nilai Muhammadiyah secara massif baik secara agenda-agenda offline maupun di media sosial,” imbuh Haedar.

Haedar juga berharap majelis, lembaga, dan Amal-Amal Usaha Muhammadiyah dapat menghadirkan pemikiran-pemikiran yang baru sejalan dengan perkembangan zaman.

“Jangan biarkan media sosial menjadi pasar bebas yang kita hanya sebagai konsumen,” tutut Haedar.

Kegiatan ini dihadiri oleh segenap Pimpinan Universitas dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Sesepuh, Majlis Diktilitbang PP Muhammadiyah, dan Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Jawa tengah.

Rektor UMS Prof. Sofyan Anif  melaporkan bahwa Gedung Pendidikan Profesi ini dinilai sangat penting, dikarenakan terdapat 18 Program Studi (Prodi) Profesi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta 1 Prodi dari Fakultas Psikologi UMS.

“Dengan dibangunnya Gedung Pendidikan Profesi semakin menyempurnakan UMS. Serta menjadi langkah untuk mewujudkan visi UMS, yakni pada tahun 2029 UMS menjadi World Class University,” ungkap Sofyan.

Gedung Pendidikan Profesi yang luasnya 2.307 m²  ini memiliki fasilitas berupa ruang kelas besar sebanyak 20 ruang dan kelas kecil sebanyak 4 ruang yang memadai untuk tahapan proses belajar mengajar serta ruang kelas kolosal yang ramah bagi kaum disabilitas. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini