Muhammadiyah Dampingi Mualaf dan Bantu Kesejahteraannya
LDK PP Muhammadiyah menggelar Pesantren Mualaf. foto: ist

Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah melakukan pendampingan kepada komunitas mualaf dalam penguatan keagamaan, ekonomi dan sosial.

Hal iti disampaikan Wakil Ketua LDK PP Muhammadiyah Agus Trisundani pada Selasa (2/4) dalam PTV Show yang disiarkan oleh TVMU.

“LDK dengan pembinaan spiritualnya, lalu Lazismu nanti ada pembinaan secara ekonomi,” tuturnya.

Pada Ramadan 1445 H ini, LDK PP Muhammadiyah secara intensif menyelenggarakan Pesantren Mualaf di berbagai daerah seperti di pedalaman Suku Baduy, Berau, Kokoda, Mentawai, dan lain sebagainya.

Agus menjelaskan, salah satu tujuan Pesantren Mualaf adalah untuk mendidik para mualaf sehingga mereka bisa menjadi dai bagi komunitas mereka sendiri. Pembinaan juga diberikan oleh Muhammadiyah sampai dengan pendidikan formal.

Tidak hanya tentang pendidikan agama, program bagi mualaf juga diberikan untuk memperbaiki kesejahteraan.

Dalam hal ini, terang Agus, LDK selain menggandeng Lazismu juga berkolaborasi dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM).

Dalam kesempatan sama, Manajer Program Kemanusiaan dan Lingkungan Lazismu Pusat, Nazhori Author menyebutkan, mualaf ini menjadi salah satu dari penerima zakat atau asnaf, dan Pesantren Mualaf ini sebagai program yang tak terpisahkan.

“Program itu menjadi suatu program yang perlu mendapat perhatian khusus seperti itu,” ungkapnya.

Pendampingan yang diberikan oleh Muhammadiyah untuk komunitas mualaf tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Hal ini dikarenakan membutuhkan perhatian khusus dan pendampingan secara berkelanjutan.

Nazhori Author menjelaskan, sebab pendampingan yang diberikan bukan hanya dari sisi penguatan akidah, tapi juga kesejahteraan, serta transformasi sosial dari identitas mereka yang sebelumnya menjadi muslim. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini