Darul Arqam AMM Buduran Sidoarjo, Ajak Kaum Muda Tingkatkan Spiritualitas dan Inovasi di Era Modern
Darul Arqom PCM Buduran.

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Buduran, Pimpinan Cabang Nasyiatul ‘Aisyiyah (PCNA) Buduran, Pimpinan Cabang Tapak Suci Buduran, mengadakan kegiatan Baitul Arqam di Masjid Al Furqon Dukuhtengah Buduran, Ahad (24/3/24)

Sebanyak 30 peserta berasal dari anggota PCPM, PCNA, Tapak Suci serta Remaja Masjid Muhammadiyah di Kecamatan Buduran. Selain itu juga dibantu oleh Takmir Masjid Al Furqon selaku penggagas kegiatan Darul Arqom.

Ketua pelaksana Darul Arqom, Anggi Erianti menjelaskan, pihaknya bersyukur peserta mengikuti secara antusias dari awal hingga akhir. Kegiatan ini ditekankan untuk memberikan pembekalan kepada kaum muda Muhammadiyah, terutama dalam spiritualitas dan inovasi di era modern.

“Kegiatan ini merupakan pembuka dari terbentuknya AMM Kecamatan Buduran, semoga materi materi yang ada dapat memberikan manfaat kepada semua peserta yang merupakan kader penerus perjuangan Muhammadiyah, menjadi kader yang memiliki kekayaan ilmu agar dapat menghikuti perkembangan zaman serta siap menjadi calon pemimpin kelak,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan itu juga bertujuan untuk  meningkatkan spiritualitas dan menumbuhkan skill demi terbentuknya kader Muhammadiyah yang beriman, berdaya saing, sekaligus untuk menyemarakkan bulan Ramadan 1445H.

Pada kegiatan ini, peserta akan mendapatkan 3 materi dan wawasan pokok, yakni Ketauhidan dengan pemateri Ustadz Ridwan,S.Pd.,M.Pd, Sekretaris PCM Buduran. Materi kedua Manajemen Organisasi yang diisi oleh Doni Rusmadiansyah  selaku Kabid Organisasi PDPM Sidoarjo, dan pelatihan Digital Marketing menggunakan aplikasi Canva oleh Bagus Setiawan dari Serikat Usaha Muhammadiyah Sidoarjo.

Ajak Terapkan 4 Kultur

Usai membuka kegiatan Darul Arqom AMM Buduran, Pengurus Takmir Masjid Al Furqon Fatkhul,S.Pd menyampaikan sambutan fenomena lupa menerapkan 4 standar berorganisasi yang baik.

“Banyak yang belajar organisasi dan berkecimpung didalamnya, namun lupa akan kultur penting dan harus dilakukan,” ujarnya.

Fatkhul kemudian menjelaskan bahwa stndar atau kultur dalam berorganisasi itu ada 4 yaitu:

  1. Perencanaan yang didasari dengan ilmu pengetahuan dan memiliki sumber daya manusia serta materi.
  2. Sistem yang harus tahu siapa yang akan menjalankannya dengan terorganisir.
  3. Aktualing atau pelaksanaan sesuai pada rencana.
  4. Evaluasi pada setiap proses untuk perbaikan kedepan.

“Jika keempat standar kultur tersebut dapat kita lakukan dan kita pertahankan, organisasi ini nanti akan jelas arah tujuannya, bukan asal jalan saja. Hal Ini menggambarkan bahwa organisasi yang sekarang ini kita geluti masih belum sepenuhnya menerapkan 4 kultur tadi,” ungkap Fatkhul yang membuat semua peserta antusias.

Untuk itu, lanjut Fatkhul,  mari mulai dari kader muda inilah, pihaknya mengajak semua dapat bersama berbenah memperbaiki dan melengkapi apa yang masih kurang, demi terciptanya organisasi Muhammadiyah yang lebih baik lagi. (bayu firdaus)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini