Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk memahami dan menghargai kedua pendekatan ini, serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, pada bulan Ramadan seyogianya ada dua program yang dapat dilakukan, pertama, Tilawah Lafdziyah bagi umat Islam yang baru bisa membaca Al-Qur’an dan belum lancar,

Kedua, Tadarus Quran bagi orang yang sudah bisa membaca, perlu adanya peningkatan dengan mempelajari dan memahami ayat atau surat yang dibaca.

Program Tilawah Lafdziyah memberikan kesempatan bagi umat Islam yang baru saja memulai perjalanan membaca Al-Qur’an untuk memperbaiki kemampuan membaca mereka.

Ini adalah langkah awal yang penting dalam membangun keterampilan membaca yang benar dan lancar.

Melalui program ini, para pemula dapat diberi dukungan dan bimbingan untuk menguasai teknik-teknik dasar membaca Al-Qur’an dengan baik.

Di sisi lain, program Tadarus Quran memberikan kesempatan bagi mereka yang sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an untuk meningkatkan pemahaman dan kedalaman spiritual mereka.

Ini melibatkan tidak hanya membaca Al-Qur’an dengan tartil, tetapi juga mengkaji dan memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Melalui program ini, para praktisi Al-Quran didorong untuk merenungkan pesan-pesan yang terkandung dalam setiap ayat dan surat yang mereka baca, sehingga mendapatkan manfaat spiritual yang lebih besar.

Dengan memiliki kedua program ini selama bulan Ramadan, umat Muslim dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini untuk meningkatkan hubungan mereka dengan Al-Qur’an.

Baik itu para pemula yang sedang belajar membaca Al-Qur’an atau praktisi yang sudah mahir, bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk meneguhkan komitmen mereka terhadap Al-Qur’an. (*/tim)

Sumber: muhammadiyah.or.id

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini