Malam Lailatul Qadar dan Ujian Menjalankan Beribadah
foto: ziaulummahfoundation

Banyak orang ramai membicarakan tentang malam Lailatul Qadar. Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah dan kemuliaan yang terjadi pada 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Dr. Supriyadi MPdI, dosen Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), menjelaskan tentang definisi malam Lailatul Qadar yang diambil dari dua kata, yaitu Laila dan Qadar.

“Laila berarti malam dan Qadar yang memiliki beberapa makna yang merujuk pada arti Al-Qadar, yakni kemuliaan, ketetapan, dan lainnya. Tapi makna yang paling mendekati Al-Qadar adalah kemuliaan,” papar dia, Sabtu (6/4/2024).

Dia lalu menjelaskan elaskan bawah Hal itu merujuk pada surah AL-Qadar sendiri dari ayat 1-5, khususnya di ayat kedua dan tiga.

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ۝٢ لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ۝٣

“Tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan.

Malam ini hanya terjadi pada tanggal ganjil dari 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Namun, ada riwayat lain yang mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar tidak hanya terjadi pada malam ganjil saja, tapi di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan tanpa penghitungan ganjil dan genap.

“Persoalannya sekarang adalah umat Islam dihadapkan dua perbedaan penanggalan bulan Ramadan. Nah, jadi nanti jika kita mengikuti salah satu aturan tersebut, pas kita mulai puasa lebih dulu, bisa saja mendapat tanggal ganjil, tapi di sisi lain ada yang mulai pada tanggal genap,” ujar Supriyadi.

Hal tersebut, imbuh dia, tidak perlu dipersoalkan, tentang tanda-tanda mulainya atau bagaimana suasana malam Ramadan. Melainkan yang perlu disiapkan pada sepuluh malam terakhir Ramadan.

Secara normatif, ada hadis tentang malam istimewa ini yang hendaknya diraih pada pada tanggal gasal. Yakni, pada hadis riwayat Bukhari yang berbunyi, “Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini