Ramadan Pasca Pemilu 2024 Jadi Momen Introspeksi Diri
foto: islamicrelief

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“The last month of Ramadan is the right time to do self-introspection and evaluate our level of devotion to Allah.”

(Bulan Ramadan terakhir adalah waktu yang tepat untuk melakukan introspeksi diri dan mengevaluasi tingkat ketakwaan kita kepada Allah)

Ramadan pasca Pemilu 2024 bisa menjadi momen yang baik untuk berintrospeksi diri. Karena pada saat itu, masyarakat mungkin masih mempertahankan perpecahan yang terjadi selama masa kampanye dan pemilihan.

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk merenung dan memperbaiki diri sendiri, serta mencoba membangun kembali hubungan yang rusak dengan sesama.

Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَآ إِلَى ٱللَّهِ وَعَمِلَ صَٰلِحًا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ.
وَلَا تَسْتَوِى ٱلْحَسَنَةُ وَلَا ٱلسَّيِّئَةُ ۚ ٱدْفَعْ بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِى بَيْنَكَ وَبَيْنَهُۥ عَدَٰوَةٌ كَأَنَّهُۥ وَلِىٌّ حَمِيمٌ

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.” (QS. Al-Fusillat:33-34)

Hadis dari Abu Hurairah juga memberikan pesan yang serupa:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أَوْ لِيَصْمُت,…..

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,“Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata baik atau diam, …” (HR. Bukhari dan Muslim) (HR. Bukhari, no. 6018, 6019, 6136, 6475 dan Muslim, no. 47).

Maka, di momen Ramadan pasca Pemilu 2024, kita semua bisa mencoba untuk memperbaiki interaksi dan komunikasi kita dengan orang lain dengan berbicara dengan cara yang baik dan santun.

Selain itu, kita juga bisa membantu orang lain yang membutuhkan, dengan cara memberikan donasi atau melakukan kegiatan sosial.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini