Muhammadiyah Jatim Siapkan 1.547 Lokasi Salat Idulfitri
Rapat Majelis Tabligh PWM Jatim yang salah satunya membahas masalah lokasi salat Id. foto: majelistablig.id

Pimpinan Muhammadiyah Jawa Timur bekerja sama dengan berbagai pihak dan jajaran pengurus daerah, cabang, dan ranting menyiapkan fasilitas dan tempat ibadah bagi umat muslim yang ingin melaksanakan salat Idulfitri tahun 2024 .

Jumlah lokasi yang disiapkan sebanyak 1.542 tersebut bertujuan untuk memudahkan umat muslim dalam melaksanakan salat Idulfitri di berbagai daerah.

Detailnya Lihat: Ini Daftar Lengkap Lokasi dan Khatib Salat Idulfitri Muhammadiyah di Jatim

“Dengan adanya lokasi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota, diharapkan umat muslim dapat melaksanakan salat dengan aman, nyaman, dan tertib,” ujar Sekretaris Majelis Tabligh PWM Jatim Munahar, MPd.I, Selasa (9/4/2024).

Munahar mengungkapkan bahwa lokasi salat Idulfitri tahun ini ada kenaikan dari jumlah titik lokasi salat Iduladha tahun 2023 yang mencapai 1.448 lokasi.

“Ada penambahan 54 lokasi salat pada Idulfitri tahun ini,” jelas kepala sekolah SD Muhammadiyah 6 Surabaya ini.

Munahar menambahkan, pihaknya menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak atas kerjasama yang sangat baik.

Baca juga: Panduan dan Tuntunan Idulfitri

Terutama kepada pemerintah karena ada beberapa fasilitas yang diizinkan untuk digunakan salat Id.

“Juga kepada pihak aparat yang telah membantu keamanan, demikian juga kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi, terutama panitia di bawah koordinasi Majelis Tabligh di daerah setempat yang bekerja keras dalam pelaksanaan kegiatan ini,” kata Munahar.

Untuk diketahui, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan Idulfitri 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu 10 April 2024. Keputusan tersebut berdasar Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Baca juga: Idulfitri dan Nilai Kesalehan

Berdasarkan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 H, tinggi Bulan pada saat Matahari terbenam tanggal 9 April 2024 M di Yogyakarta (-07° 48′ LS dan 2 = 110° 21′ BT) +06° 08′ 28″ (hilal sudah wujud), dan di Wilayah Indonesia pada saat Matahari terbenam Bulan berada di atas ufuk. (ded)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini