UM Surabaya

Membuang gelas plastik bekas minum sendiri ke tempat sampah adalah ihsan artinya berbuat baik.

Namun kalau kita membuang sampah sendiri dan membuang sampah di samping kanan kiri yang berserakan milik orang lain ke tempat sampah dengan tanpa marah, sepenuhnya ikhlas mencari rida Allah, maka level ini sudah masuk kategori Muhsinin, berbuat baik yang plus.

Standar membayar zakat pada bidang tertentu adalah 2,5 persen, jika ini dilakukan maka masuk kategori Ihsan. Namun jika kita mampu memberikan lebih semisal 5 persen, 10 persen, 25 persen, 50 persen dan seterusnya lalu dilakukan ikhlas dan sepenuhnya untuk mencari rida Allah SWT, maka ini termasuk Muhsinin, berbuat baik plus.

Berdasarkan QS. Al-Baqarah: 195 bahwa Muhsinin yang dicintai Allah SWT tersebut adalah yang gemar berinfak, dan tidak menjatuhkan diri sendiri kepada kebinasaan dengan tangannya.

Berapa besar infak yang dikeluarkan? QS. Al-Baqarah: 3 menjelaskan bahwa yang diinfakkan adalah sebagian dari rezeki  yang dikaruniakan Allah SWT.

Karena sebagian, maka bisa bermakna sebagian kecil berdasarkan standar minimal zakat, sebagian yang bermakna seperempat, sepertiga, seperdua, atau dua pertiga dari rizki yang dikaruniakan Allah. Besaran infaq ini akan menentukan tingkatan muhsinin seseorang.

Menjatuhkan diri sendiri kepada kebinasaan dengan tangannya, saya memaknai sebagai perbuatan menzalimi diri sendiri.

Seorang karyawan yang tidak disiplin, mengabaikan amanah yang telah diberikan, maka ini bisa dikategorikan sedang menzalimi diri sendiri.

Demikian pula seorang pemimpin, yang dengan kekuasaanya menyebabkan kerusakan dan membahayakan lingkungan sekitarnya, maka ini juga termasuk mendzolimi diri sendiri.

Intinya, bahwa Muhsinin di sini adalah yang cinta kepada perbuatan baik dengan kebaikan yang lebih, menghindarkan diri dari menzalimi orang lain, dan lingkungan sekitarnya.

Inilah yang kita sebut sebagai nilai kesalehan. Dan orang-orang yang memiliki nilai kesalehan inilah di antara sedikit orang yang dicintai Allah SWT.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini