Memelihara Fithrah dan Tugas-Tugas Mulia Manusia
foto: muslimahreformis
UM Surabaya

*) Oleh : Dr. Immawan Wahyudi,
Dosen Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

الحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ حَرَّمَ الصِّياَمَ أَيّاَمَ الأَعْياَدِ ضِيَافَةً لِعِباَدِهِ الصَّالِحِيْنَ.

الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله وَحْدَه لَاشَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ اْلمُبِيْن. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَـمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صادِقُ الْوَعْدِ اْلأَمِيْن. أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ. اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَأَعَزَّ جُنْدَهُ، وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ، لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ، لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ فَقَالَ اللهُ تَعَالَى:

وَلَـقَدْ كَرَّمْنَا بَنِيْۤ اٰدَمَ وَحَمَلْنٰهُمْ فِى الْبَرِّ وَا لْبَحْرِ وَرَزَقْنٰهُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ وَفَضَّلْنٰهُمْ عَلٰى كَثِيْرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيْلًا

“Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak-cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna.” (QS. Al-Isra’ 17: Ayat 70)

Empat Amalan Menjaga Kesucian

Kaum muslimin rahimakumullah, di pagi yang mulia ini, marilah senantiasa kita tekadkan untuk memperbarui syahadah kita, bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad saw adalah Nabi dan Utusan Allah, serta penutup dari para Nabi dan Rasul, yang telah membawa cahaya Islam yang membebaskan manusia dari alam kegelapan menuju alam penuh cahaya keimanan.

Selawat dan salam semoga dilimpahkan Allah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw., beserta keluarganya, dan para sahabatnya serta para pengikut petunjuk dan sunahnya. Amien.

Seiring berlalunya Syahrul Mubarok, kita memasuki bulan Syawal yang semoga membawa spirit dan inspirasi peningkatan dalam segala aspek kehidupan. Namun, kiranya bijak jika kita mau mawas diri, dan bertanya apakah kiranya yang dapat kita teruskan sebagai amal mulia sebagaimana telah kita laksanakan dalam bulan yang penuh kemuliaan.

Ada lima amalan untuk memelihara kesucian yang semestinya menjadi buah dari shiyam Ramadan agar senantiasa menyertai kehidupan kita di hari-hari mendatang.

Pertama, kemampuan kita dalam menahan diri dari segala pikiran, ucapan dan tindakan yang dilarang oleh Allah SWT dan oleh Nabi Muhammad saw., sebagaimana kita telah mampu menahan diri dari rasa dahaga, rasa lapar, berkata buruk dan gejolak nafsu syahwat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini