Arti Kemenangan Sesungguhnya
foto: istockphoto

*) Oleh: Drs. Muhammad Nashihudin MSi,
Ketua Majelis Tabligh PDM Jakarta Timur

Pemenang bukanlah orang yang pertama menginjak garis finis, tetapi disebut pemenang adalah apabila ia sampai di garis finis dengan cepat dan tetap istikamah beribadah dan tegar menghadapi kehidupan secara terus-menerus sampai ajal menjemputnya. (Hadits Arbain ke-10)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

فَا سْتَقِمْ كَمَاۤ اُمِرْتَ وَمَنْ تَا بَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا ۗ اِنَّهٗ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

“Maka tetaplah engkau (Muhammad) (di jalan yang benar), sebagaimana telah diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang bertobat bersamamu, dan janganlah nkamu melampaui batas. Sungguh, Dia Maha Melihat terhadap apa yang kamu kerjakan.”

وَلَا تَرْكَنُوْۤا اِلَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا فَتَمَسَّكُمُ النَّا رُ ۙ وَمَا لَـكُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ مِنْ اَوْلِيَآءَ ثُمَّ لَا تُنْصَرُوْنَ

“Dan janganlah kamu cenderung kepada orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, sedangkan kamu tidak mempunyai seorang penolong pun selain Allah, sehingga kamu tidak akan diberi pertolongan.” (QS. Hud 11: Ayat 112-113)

Adapun dalam rangka menghadapi kehidupan sebelas bulan yang akan datang nan penuh rintangan serta tantangan maka perbanyaklah membaca Al-Qur’an dan melakukan kebaikan.

Untuk meraih nikmat di akhirat harus bersegera dan cepat jangan sampai terlambat.
berikut ini adalah nasehat agar tidak mudah terbawa arus kejelekan:

1. Menjaga Ibadah dengan Baik

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِّنَ السّٰجِدِيْنَ

“Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud (salat),”

وَا عْبُدْ رَبَّكَ حَتّٰى يَأْتِيَكَ الْيَـقِيْنُ

“Dan sembahlah Tuhanmu sampai yakin (ajal) datang kepadamu.”
(QS. Al-Hijr 15: Ayat 98-99)

2. Istikamah

اِنَّ الَّذِيْنَ قَا لُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَا مُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰٓئِكَةُ اَ لَّا تَخَا فُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَ بْشِرُوْا بِا لْجَـنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ

“Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.”

نَحْنُ اَوْلِيٰۤـؤُکُمْ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَفِى الْاٰ خِرَةِ ۚ وَلَـكُمْ فِيْهَا مَا تَشْتَهِيْۤ اَنْفُسُكُمْ وَلَـكُمْ فِيْهَا مَا تَدَّعُوْنَ

“Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya (surga) kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh apa yang kamu minta.” (QS. Fussilat 41: Ayat 30-31)

3. Puasa Sunah Enam Hari di Bulan Syawal

4. Ucapan Selamat Berhari Raya

‎تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمنِْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ,
‎ كُلُّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ. اَللّهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاكُمْ مِنَ العَاءِدِيْنَ وَالفَاءِزِيْنَ وَالمَقْبُوْلِيْنَ.

Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamaku Taqabbal Ya Karim

Mohon maaf lahir dan Bathin atas segala kekhilafan dan kesalahan kami,

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, umur yang berkah dan dapat bertemu lagi di bulan Ramadan yang akan datang.

Aamiin ya rabbal ‘alamiin…

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini