UM Surabaya

2. Menjalankan Perannya Sebagai Khalifah

Manusia adalah khalifah di muka bumi dan setiap manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Istilah khalifah di sini adalah pemimpin di mana manusia bertanggung jawab menjaga keberlangsungan hidupnya dan alam sekitarnya.

Sebagai makhluk yang dikaruniai akal maka manusia memiliki kewajiban untuk mengelola sumber daya alam dan menjaga kelestariannya.

Tidak hanya itu, manusia juga berkewajiban untuk menjaga dirinya sendiri dari perilaku yang tidak baik karena setiap perlakuan atau perbuatan manusia di dunia kelak akan dimintai pertanggung jawabannya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman di dalam Al-Qur’an:

“Dan mereka tidaklah disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan salat serta menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”
(QS. Al-Bayyinah 5)

3. Meneruskan Ajaran Islam

Tidak hanya beribadah dan menjalankan tugasnya sebagai khalifah, manusia juga wajib menuntut ilmu dan meneruskannya pada generasi selanjutnya agar ajaran Islam tetap terjaga.

Bukan hanya ilmu yang diajarkan untuk melaksanakan ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan tetapi juga untuk menuntun perilaku manusia dan menunjukkan perbuatan amar ma’ruf nahi mungkar. 

Sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman di dalam Al-Qur’an:

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang- orang yang beruntung.“ (QS. Al Imran 104)

Tujuan hidup tersebut hendaknya dipahami, dimengerti dan dilaksanakan oleh kita, karena tanpa tercapainya tujuan hidup tersebut, maka tugas kita di bumi ini tidaklah dapat terpenuhi. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini