UM Surabaya

Pada area ini pula berdiri megah bangunan indah Neues Rathaus dengan patung bunda Maria.

Pada menara tersebut juga terdapat patung-patung Glockenspiel yang menggambarkan sejarah kota Munich. Patung-patung tersebut dibagun sejak tahun 1908.

Patung-patung tersebut akan berputar setiap hari antara pukul 11.00-12.00 siang, diiringi dengan alunan musik.

Di samping Neues Rathaus, juga beridiri old town hall, sebuah hall tua yang dibangun pada tahun 1400.

Cerita dari Munchen; Jejak Nazi sampai Muhammadiyah Deutscland e.V
Suasana masjid MFI di kota Munchen. foto: dok/pri

Islam dan Muhammadiyah di Jerman

Menurut studi yang dilakukan oleh German Islam Conference pada tahun 2019, jumlah populasi muslim di negara tersebut sekitar 6,7 persen dari total populasi atau sekitar 5,5 juta.

Jumlah tersebut berasal dari berbagai negara misalkan timur tengah dan Afrika. Bahkan 19 persen muslim berasal dari Asia Tenggara.

Saat pertama kali mencari bangunan masjid, saya berjalan dari MarienPlatz ke masjid yang dikelola oleh Munchner Forum Fur Islam (MFI).

Sempat bingung ketika Google Maps menunjukkan saya sudah di area masjid, namun tidak kelihatan masjidnya.

Setelah saya perhatikan, ternyata saya sudah berdiri di depan pintu masjid. Lokasi tempat salat ada di lantai 2. Bahkan masjid dibuka sepanjang hari. Sedangkan di lantai satu digunakan sebagai restoran halal.

Ukuran masjid MFI tidak lah sangat besar, berbeda sekali bentuknya dengan Islamic centre yang ada di kota tersebut.

Karena ukurannya yang kecil tersebut, kemampuan masjid ini untuk menampung jamaah khususnya pada hari Jumat sangat terbatas.

Memang organisasi MFI telah mengupayakan membangun masjid yang lebih besar, akan tetapi masih belum terwujud karena berbagai persoalan.

Misalkan penelitian yang dilakukan oleh Tobias Muller yang dipublikasikan tahun 2019 menyebutkan bahwa tiga isu utama mengapa proyek masjid baru MFI gagal, yaitu soal pendanaan, kurangnya support dari jamaah masjid, dan isu keamanan kaitannya dengan politik lokal dan internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini