UM Surabaya Jadi PTS Peraih PKM Terbanyak di Surabaya
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. foto: humas

Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya berhasil menempati urutan pertama sebagai Peguruan Tinggi Swasta (PTS) di Surabaya dengan pendanaan proposal terbanyak Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek.

“Tahun ini, UM Surabaya berhasil meraih pendanaan sebanyak 18 proposal,” kata Wakil Rektor III Bidang Inovasi Sumber Daya Manusia UM Surabaya Ma’ruf Sya’ban, Sabtu (20/4/2024).

Dia menyatakan bersyukur kampusnya bisa menempati posisi pertama. Raihan ini bukan kali pertama, sebab pada tahun 2022, UM Surabaya juga menempati posisi pertama peraih PKM terbanyak se-Surabaya.

“Tentu ini menjadi capaian yang luar biasa oleh UM Surabaya di bawah naungan Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) yang terus berupaya konsisten dalam mempertahankan di posisi atas,” ujar Ma,ruf,

Menurut Ma’ruf, apa yang diraih oleh UM Surabaya ini menjadi bukti kerja keras dari seluruh pihak.

Menurutnya, untuk mempertahankan posisi ini beberapa tahapan harus dilalui mahasiswa agar proposalnya bisa terunggah dengan sempurna.

Mahasiswa harus mengikuti seleksi proposal internal yang di-review langsung oleh tim reviewer kampus yang melibatkan dosen sesuai keilmuan masing-masing, sehingga proposal yang terunggah bukan proposal yang dibuat secara asal-asalan melainkan telah melewati seleksi.

“Hal ini dilakukan supaya proposal yang dikirim tidak asal-asalan dan memang proposal yang layak mulai dari administrasi hingga isi,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, Kepala BAKAI UM Surabaya Khoirul Anam menegaskan, ke depan pihaknya akan terus konsisten dalam mempertahankan prestasi dan akan terus meningkatkan kinerja dari berbagai lini.

“Meski di posisi pertama harapannya di tahun selanjutnya secara kuantitas jumlah UM Surabaya akan lebih banyak meloloskan lebih banyak proposal lagi,” katanya.

Sebagai kepala niro yang fokus pada bidang kemahasiswaan, Khoirul berharap PKM yang lolos ini tidak hanya berdampak pada mahasiswa atau universitas, tapi memiliki dampak yang besar bagi masyarakat secara luas.

“Selain gagasan kreatif dan inovatif Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) harus bisa membantu masyarakat, mampu memberikan peningkatan kecerdasan, keterampilan dan pengetahuan masyarakat, pelatihan keterampilan kelompok masyarakat dan pengembangan,” papar dia.

Berikut 10 besar PTS di Surabaya Raihan PKM Terbanyak 2024

1. Universitas Muhammadiyah Surabaya 18

2. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya 14

3. Universitas Hang Tuah 10

4. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya 8

5. Universitas Surabaya 6

6. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 6

7. Universitas Narotama 5

8. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya 4

9. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya 3

10. Universitas Ciputra Surabaya 2

(ded)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini