Siapkan Tenaga Magang, SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban Menggandeng PT SEII dan SHI
SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban menjalin kerjasama strategis dengan PT. SEII dan PT SHI.

SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban menjalin kerjasama strategis dengan PT. Semesta Indah Indonesia (SEII) dan PT. Sekai Hikari Indonesia (SHI) dalam pelaksanaan asesmen fisik bagi para calon tenaga magang.

Kemitraan ini telah terjalin lama demi memperkuat hubungan antara sekolah dan industri, khususnya dalam penempatan tenaga magang di Jepang.

Asesmen fisik yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari Senin (22/4) hingga Rabu (24/4) ini, merupakan langkah awal dalam mempersiapkan para siswa untuk magang luar negeri.  Program ini menjadi bagian dari inisiatif pemerintah yang diperoleh oleh SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban pada tahun 2024.

Kepala SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban, Suyanto menyatakan, kerjasama ini memberikan kesempatan emas bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengalaman internasional di industri pelayaran.

Ia meyakini, anak didiknya memiliki motivasi yang tinggi untuk meraih kesuksesan demi membahagiakan orang-orang terdekatnya.

Oleh karena itu, ia berterima kasih atas bantuan pemerintah melalui program magang luar negeri serta dukungan yang berkelanjutan dari PT. Semesta Indah Indonesia dan PT. Sekai Hikari Indonesia dalam mendukung pendidikan dan pelatihan siswa bagi taruna-taruninya.

“Kami pihak sekolah telah berusaha semaksimal mungkin mencari bantuan, dan alhamdulilah pemerintah melalui pihak direktorat memberikan bantuan melalui program magang luar negeri,”ungkapnya.

Suyanto menghimbau kepada para taruna-taruninya agar untuk memanfaatkan peluang ini dengan baik.

“Kami sudah membantu memfasilitasi kalian, yang mungkin di antara orang tua wali ada yang tidak membayangkan putra-putrinya bisa magang di luar negeri dan meraih kesuksesan,” ujarnya.

“Satu lagi yang kami tekankan ketiak kalian sudah masuk di kelas industri ini, semua aturan dan budaya yang ada di dunia industri harus dilakukan,” imbuhnya.

Asesmen fisik ini melibatkan berbagai tes dan evaluasi untuk menilai kesiapan fisik dan kesehatan para calon tenaga magang.

Pada kesempatan yang sama, Erna Srifidiastitik selaku ketua pelaksana program Magang Luar negeri mengungkapkan bahwa, peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 70 orang.

Dari 70 peserta ini kemudian dibagi menjadi 6 kelas, 3 kelas di PT. SEII sebanyak 40 orang dan 3 kelas lagi di PT. Sekai Hikari sebanyak 30 orang.

“Kami berharap, semua tujuan baik pemerintah, sekolah maupun industri dapat tercapai sehingga para taruna-taruni dapat berangkat ke Jepang,” harapnya.

Para taruna-taruni juga diberikan pemahaman mendalam mengenai tuntutan dan harapan selama masa magang di Jepang, termasuk aspek budaya dan profesionalisme.

Sementara itu, Toni Adi Saputra selaku Direktur PT. SEII menegaskan kepada para Taruna-taruni, mereka telah dibantu secara materi oleh pihak direktorat. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk meraih kesuksesan.

Ia berharap dengan program ini para Taruna-taruni SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban mampu ke Jepang, mungkin melakukan PT. SEII ataupun perusahaan lainnya.

“Saya berharap kalian semua memperoleh ilmu yang bermanfaat dan mendapatkan pengalaman yang baru dari instruktur sudah berpengalaman magang di Jepang. Jangan lupa saling berinteraksi yang baik dengan instrukturnya masing-masing untuk menggali hal-hal yang perlu anda ketahui terkait budaya di Jepang,”harapnya.

Dirinya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap komitmen SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap bersaing di pasar global.

Kemitraan ini diharapkan dapat terus berkelanjutan untuk mendukung pengembangan potensi generasi muda.  (Iwan AG).

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News