UM Surabaya

Karena pentingnya muhasabah diri, hendaknya setiap kita punya momen untuk kita menyendiri, kemudian kita mengingat apa saja yang telah kita persiapkan untuk menghadap Allah.

Dosa apa saja yang telah kita kerjakan sehingga dengan demikian kita mampu bertobat kepada Allah ta’ala, bersegera untuk meraih ampunan Allah ta’ala.

Juga di antara buah dari muhasabah adalah seorang muslim mampu mengetahui kekurangan dirinya sehingga dia mampu memperbaiki dirinya.

Di antara faedah (manfaat) lainnya adalah dengan muhasabah seseorang akan terhindar (terselamatkan) dari kerugian kelak di hari Kiamat. Sesungguhnya orang yang pandai mengevaluasi diri adalah tergolong orang yang cerdas.

Juga di antara bentuk manfaat muhasabah yaitu rasa tenangnya orang yang pandai muhasabah dia akan lebih lega, lebih baik kondisinya dibandingkan orang- orang yang tidak pernah melakukan evaluasi diri.

Marilah kita berdoa kepada Allah Ta’ala semoga kita dijadikan hamba-hambanya yang senantiasa pandai untuk mengevaluasi (muhasabah) diri.

Sehingga kita mempersiapkan pertemuan dengan Allah Ta’ala, benar-benar menjadi hamba untuk segera bertobat.

Insya Allah bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini