1. Selalu digunakan untuk ibadah salat. Tempat tinggal yang menentramkan seringkali digunakan sebagai tempat salat, zikir dan pengajian sebagai bentuk kemaslahatan untuk agama.

Rumah, selain menjadi tempat ibadah, juga media untuk mengantarkan penghuninya semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Rumah yang digunakan untuk salat berjamaah akan turun rahmat di dalamnya, sehingga memberikan ketenangan dan ketenteraman bagi penghuninya, dan akan selalu dikaruniai rezeki yang berkah.

Bukan hanya memiliki nilai pahala, tetapi merupakan sebuah pelajaran dan pengajaran langsung bagi keluarga untuk bersama-sama mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dengan salat berjamaah akan terjalin kebersamaan, saling menghormati serta kerukunan dalam keluarga, sehingga bisa memberikan solusi segala masalah keluarga.

“….. dan jadikanlah olehmu rumah- rumahmu itu tempat salat dan dirikanlah olehmu salat serta gembirakanlah orang-orang yang beriman”. (QS. Yunus 87)

2. Selalu dibacakan Al-Qur’an. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:”Sinarilah rumah-rumah kamu sekalian dengan bacaan Al-Qur’an”.

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman ….”. (QS. Al-Isra 82)

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: ”Manakala mengajari anaknya membaca Al-Qur’an, maka diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang. Dan barangsiapa mengajarinya membaca Al-Qur’an dengan hafalan, lalu setiap anak membaca satu ayat, maka Allah mengangkat satu derajat untuk ayahnya sehingga pada akhir Al-Qur’an yang dibaca”.

3. Selalu diisi dengan majelis zikir. Berzikir dan bersyukur harus selalu menjadi bagian dari pendekatan ibadah kepada Allah.

Apabila direalisasikan dalam kegiatan berumah tangga, maka akan terbentuk keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini