Hilangnya Ilmu
foto: antara

*) Oleh: Ustaz Muhammad Nashihudin, MSI,
Ketua Majelis Tabligh PDM Jakarta Timur

Hilangnya ilmu pengetahuan dan ilmu agama disebabkan oleh beberapa faktor yang melatarbelakanginya, di antaranya adalah melakukan perbuatan-perbuatan dosa dan maksiat serta tidak mau mengulang ulang ilmu yang sudah didapat akhirnya menjadi pikun.

Terjadi peperangan di Gaza juga bisa mengakibatkan gugur para huffadz, ilmuwan dan ulama.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim tidak boleh memberangkat semua pasukan tetapi harus mempersiapkan generasi penerus para ilmuwan penuntut ilmu yang baru.

Uang Kuliah Terpadu (UKT) yang sedang terjadi ini di tengah masyarakat juga berakibat banyak mahasiswa yang tidak bisa melanjutkan studinya karenanya beban biaya sekolah.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَمَا كَا نَ الْمُؤْمِنُوْنَ لِيَنْفِرُوْا كَآ فَّةً ۗ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِّنْهُمْ طَآئِفَةٌ لِّيَـتَفَقَّهُوْا فِى الدِّيْنِ وَ لِيُنْذِرُوْا قَوْمَهُمْ اِذَا رَجَعُوْۤا اِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُوْنَ

“Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya jika mereka telah kembali agar mereka dapat menjaga dirinya.” (QS. At-Taubah 9: Ayat 122)

Adapun perbaikan di dunia pendidikan merupakan kewajiban pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa yang telah dijamin oleh undang-undang.

Maka dalam hal ini Al-Qur’an dan sunah telah memberikan bimbingan teknis dan ekonomis untuk mengawal pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan kampus demi tercapainya cita-cita bangsa yaitu hidup bermartabat dan berdaulat.

1. Berikan kemudahan untuk para ilmuwan dan pencari ilmu

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قِيْلَ لَـكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَا فْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَـكُمْ ۚ وَاِ ذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَا نْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ ۙ وَا لَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.”
(QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini