Mensyukuri Anugerah Allah dengan Menjaga Kesehatan
foto: adobestock

*Oleh: Ubaidillah Ichsan, S. Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Take care of your health because it will provide for your long life.”
(Peliharalah kesehatanmu karena ia yang akan mewadahi umur panjangmu)

Kesehatan tubuh yang prima adalah modal utama untuk menjalani kehidupan yang produktif dan berkualitas.

Namun terkadang, kita seringkali lupa untuk menjaga kesehatan tubuh kita karena kesibukan dan rutinitas yang padat.

Padahal, kesehatan adalah anugerah terbesar dari Allah SWT yang patut kita syukuri dan jagalah sebaik-baiknya. Sebagaimana dalam firman-Nya:

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِىٓ ءَادَمَ وَحَمَلْنَٰهُمْ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ وَرَزَقْنَٰهُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ وَفَضَّلْنَٰهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (Qs. Al-Isra’: 70)

Dalam ayat ini, Allah SWT memberikan rasa hormat dan kepercayaan yang besar terhadap manusia dengan memberikan karunia-karunia seperti kehidupan yang sehat dan rezeki yang baik.

Maka, syukurilah nikmat sehat sebelum datang sakit. Sebagimana dalam sebuah hadis, Dari Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ ، وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ ، وَغِنَاءَكَ قَبْلَ فَقْرِكَ ، وَفِرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ ، وَحَيَاتِكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

“Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: waktu mudamu sebelum masa tuamu, waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum waktu fakirmu, waktu luangmu sebelum waktu sibukmu, dan waktu hidupmu sebelum matimu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrok, 4/341)

Hadis ini sebagai bentuk syukur atas anugerah ini, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dengan cara-cara yang baik, seperti memperhatikan asupan gizi yang seimbang, melakukan olahraga secara teratur, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Oleh karena itu, sebagai hamba Allah yang beriman, mari kita syukuri anugrah terbesar ini dan jagalah kesehatan tubuh dengan baik agar dapat mencapai hidup yang produktif dan berkualitas serta lebih dekat dengan rida Allah SWT.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini