Sebab Pertolongan Allah
foto: istock
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Jumat Mubarak,

Allah menjadikan segala hal menjadi sebab. Menjadi kewajiban orang- orang yang bertauhid dan beriman untuk mengambil sebab-sebab yang banyak tersebut di mana pun dia berada karena dia adalah orang-orang yang diberikan petunjuk oleh Allah Ta’ala.

Tauhid dan ikhlas dalam amal merupakan sebab terbesar pertolongan Allah.

Allah Ta’ala berfirman:

“Mereka tidak diperintah, kecuali untuk menyembah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya lagi hanif.” (QS. Al-Bayyinah: 5)

Hal ini juga terdapat di dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim tentang 3 orang yang terperangkap di dalam gua.

Dan mereka berdoa kepada Allah meminta pertolongan dengan bertawasul dengan amal-amal mereka. Karena mereka beramal ikhlas kepada Allah, maka Allah tolong mereka.

Iman dan amal shalih akan menurunkan rahmat dan kasih sayang Allah Ta’ala kepada hamba-Nya, dan tidak diragukan lagi bahwasanya Allah Ta’ala pasti akan menolong hamba- hamba yang Dia sayangi.

Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya Kami akan menolong rasul rasul Kami dan orang- orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari dihadirkannya para saksi (hari Kiamat).” (QS. Ghafir: 51)

“Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang beriman. Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang yang sangat khianat lagi sangat kufur.” (QS. Al-Hajj: 38)

Menolong Agama Allah, di antaranya dengan menegakkan dan mendakwahkan agama Allah, ber-amar ma’ruf dan nahi mungkar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini