Menikah Itu Ibadah
foto: dream.id

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah(KMM) PDM Jombang

“The longest service is the household, so look for a partner who is always ready to learn and improve.”

(Ibadah terlama adalah rumah tangga maka carilah pasangan yang selalu siap untuk belajar dan berbenah)

Menikah adalah sebuah ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Dalil yang menjelaskan pentingnya menikah sebagai ibadah. Sebagaimana dalam Firman Allah SWT:

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”( Qs. Ar-Ruum:21)

Selain itu, terdapat juga hadis dari Rasulullah Saw yang menjelaskan pentingnya menikah.

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

“Wahai para pemuda, barangsiapa yang memiliki baa-ah, maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya.” (HR. Bukhari No. 5065 dan Muslim No. 1400)

Dari dalil-dalil tersebut, dapat disimpulkan bahwa menikah bukan hanya sekedar perbuatan sosial dan legal, tapi juga merupakan ibadah yang di anjurkan dalam agama Islam.

Menikah dapat membawa manfaat baik secara dunia maupun akhirat, seperti keberkahan dalam bidang ekonomi, perlindungan dari tindak maksiat, serta meningkatkan kualitas ibadah.

Oleh karena itu, setiap muslim diharapkan untuk segera menikah jika telah mampu melakukannya.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini