Mengundang Jemaah
foto: pexels

*) Oleh: Masro’in Assafani, MA,
Wakil Ketua PDM Lamongan

Ayo ke masjid.

Pernahkah kita mendapat undangan untuk salat berjamaah ke masjid?

Saya pribadi tidak pernah (ini kunci jawaban)

Namun mungkin beda dengan pembaca, sebab bisa juga ada yang pernah mendapat undangan untuk berjemaah ke masjid. undangan tersebut bisa dari takmir ataupun pengurus Masjid.

Memang Sering kita mendapat surat undangan, dari berbagai bentuk acara, dari pemerintahan, organisasi, kegiatan keluarga.

Semisal undangan resepsi pernikahan, walimah nikah, undangan pertemuan di desa, dari RT sampai kepala desa bahkan ada yang mendapat undangan dari bupati, gubernur, menteri sampai undangan Presiden.

Namun kita belum pernah mendapat undangan dari takmir masjid, undangan untuk sholat berjamaah ke masjid. kalaulah azan tiap waktu salat mesti dikumandangkan.

Dalam hal azan ini mayoritas orang mendengar semua namun hanya orang-orang yang sadar diri lalu menuju tempat azan, yaitu masjid.

Fenomena masjid zaman ini merupakan hal yang perlu menjadi perhatian serius, bukan masalah bagus dan indahnya, bagus dan indahnya tidak menjadi suatu keprihatinan karena sejauh berjalan mesti memandang bagusnya dan megahnya masjid.

Yang menjadi persoalan adalah sejauh mana jemaah rela menghadiri salat jemaah ke masjid.

Untuk menyikapi minimnya orang yang berjamaah, maka kami menawarkan agar para takmir masjid menyiasatinya dengan membuat surat undangan kepada para jamaah, mari kita kobarkan api semangat memakmurkan masjid.

Jamaah dikirim surat undangan. Kobarkan gerakan memakmurkan masjid.

Allah SWT berfirman:

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَ قَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَ فَعَسٰٓى اُولٰۤئِكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ

“Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah 9: Ayat 18)

Kandungan Ayat

1. Allah berharap dengan penuh bahwa orang yang memakmurkan masjid adalah orang-orang beriman kepada Allah dan Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian,

2. Melaksanakan sholat

3. Menunaikan zakat

4. Hanya takut kepada Allah.

5. Termasuk orang-orang yang mendapat perunjuk.

Pesan

1. Mari dari saat ini kita kobarkan semangat berjamaah ke masjid

2. Pengurus atau takmir membuat surat undangan yang ditujukan kepada para jemaah dengan kalimat ajakan untuk berjemaah.

3. Misal ;

Kepada yth ;
Bapak …..
Di Kediaman.

Kami mengharap dengan hormat atas kehadirannya dalam salat berjemaah asar di masjid ……
Demikian terima kasih.
(Redaksi bisa di sesuaikan).

Semoga tulisan ini menginspirasi kita semua. dalam memfungsikan masjid. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini