***

Tradisi NU tak bisa dilepaskan dari kerja keras Wali Songo. Peletak dasar Islam di nusantara.

Wali Songo tak hanya sukses membuat penduduk Nusantara memeluk Islam tetapi juga sukses menguasai politik kekuasaan.

Peran Wali Songo di lingkaran istana kekuasaan sangat kental terasa. Setidaknya posisinya sangat diperhitungkan menjadi rujukan dalam pengambilan kebijakan.

Bagi para Wali Songo, istana kekuasaan bukan sesuatu yang harus ditabukan, apalagi dihindari tapi dipahami sebagai kesatuan utuh politik berdakwah.

Pemahaman seperti inilah yang membuat dakwah Wali Songo berhasil. Bukan memosisikan sebagai oposisi, dan tidak menjadikan penguasa sebagai lawan bertanding.

Para ulama pesantren adalah bukti bahwa keberadaan NU secara kultural teologis mewakili para wali.

Dengan benang merah yang sangat kuat baik pada aspek syariah, muamalah bahkan politik, termasuk tasawuf dengan berbagai khazanahnya.

Sama dengan Muhammadiyah, dakwah NU telah melahirkan ribuan pesantren, ratusan perguruan tinggi ribuaan sekolah rumah sakit Lazisnu dan masih banyak lagi lainnya sebagai bukti keberhasilan atau capaian dakwahnya

***

Muhammadiyah dan NU telah terbukti hadir melayani umat. Bukan hanya lantang bicara halal dan haram, sunah dan bid’ah, apalagi mengkafirkan sesama mukmin yang tidak se-manhaj, tapi juga menawarkan solusi.

Kedua harakah ini tidak hanya mengajarkan kesalehan personal, tapi juga kesalehan sosial agar memberi manfaat yang banyak bagi sekitar.

Membimbing yang belum salat, mengajarkan Al-Qur’an. Membantu yang lemah, menolong yang fakir, membantu yang kesulitan bayar UKT, membantu menebus resep obat, memeluk anak yang kehilangan orang tua, merawat nenek yang terlantar, mengasihi anak yatim memberi makan orang miskin.

Itulah Islam yang sesungguhnya bukan hanya pintar menghafal dalil dan adu kuat hujjah. Muhammadiyah dan NU membentang kehidupan umat Islam penuh seluruh

Bahwa berilmu saja tak cukup. Jika membuatnya tinggi hati. Amal saleh adalah bukti iman, bukti Islam yang sesungguhnya. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini