UM Surabaya

Sepuluh hari pertama Zulhijah juga merupakan waktu yang tepat untuk merapikan jadwal salat kita. Jika sebelumnya ibadah kita masih berantakan, sering disepelekan, atau bahkan ditinggalkan, maka Zulhijah dapat dijadikan momentum untuk bertaubat, meningkatkan ketaatan kepada Allah, dan memperbaiki pelaksanaan salat.

Pada Hari Arafah tanggal 09 Zulhijah, selain melaksanakan puasa sunah, mari kita sisihkan waktu untuk duduk dan berbicara secara intim dengan Allah, mengetahui dengan sepenuh hati bahwa Dia adalah as-Sami, Dzat yang selalu mendengarkan.

Mari kita manfaatkan karena Puasa Arafah ini amalan yang disiapkan Allah. Allah paham bahwa kita tidak pernah steril dari perbuatan dosa. Maka Rasulullah Saw punya harapan yang sangat mulia bahwa dengan puasa di hari Arafah itu amalan yang kita lakukan mampu menjadi penghapus dosa-dosa yang kita lakukan setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.

“Dari Abi Qatadah al-Anshari, bahwasanya Rasulullah saw ditanya tentang puasa Arafah, lalu ia berrsabda: “Puasa Arafah itu dapat menghapuskan dosa (selama dua tahun), yakni satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Adapun puasa ‘Asyura (10 Muharram) dapat menghapuskan dosa selama setahun yang telah lalu.” (HR Muslim).

Dari semua cara mendekatkan diri kepada Allah selama hari-hari yang penuh berkah ini, mungkin yang terbesar adalah dengan berkurban pada 10 Zulhijah. Dengan mengorbankan seekor hewan ternak, kita mengikuti sunnah Nabi Ibrahim AS, memberikan daging sebagai sedekah kepada mereka yang membutuhkan, menegakkan salah satu ritual Islam, dan mendekatkan diri kepada Allah. Bahkan, kurban sering disebut “qurban”, dari kata “qurb” yang berarti kedekatan. Ini adalah bentuk mendekatkan diri kepada Pencipta kita.

Semoga kita dapat memaksimalkan sepuluh hari pertama Zulhijah dengan baik, mengisinya dengan ibadah dan amal kebaikan untuk meraih ridha dan berkah Allah SWT. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini