UM Surabaya

Ketahanan pangan menurutnya memiliki peran besar untuk menciptakan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Sekaligus menjadi bagian untuk melanjutkan cita-cita pendahulu bangsa.

Terkait dengan perubahan iklim, Prof. Totok menyampaikan itu bisa terjadi secara alami, namun juga bisa terjadi akibat ulah tangan manusia seperti efek rumah kaca yang menyebabkan menipisnya atmosfer dan menjadikan bumi memanas.

“Panas dari cahaya matahari yang masuk ke permukaan bumi itu tidak bisa lagi dilepaskan ke angkasa, disebabkan karena adanya lapisan ozon yang tertutup. Sehingga di permukaan bumi suhunya makin panas,” ungkapnya.

Perubahan iklim yang drastis menurutnya, menjadikan siklus menanam yang dimiliki oleh petani tidak tepat. Sebab saat ini meski masuk musim kemarau, namun masih terjadi hujan – sehingga tanaman yang membutuhkan sedikit air sulit hidup karena mendapat air berlebih akibat curah hujan yang tinggi.

“Ini berefek pada pertanian, hama penyakit meningkat. Misalnya hujannya itu tambah banyak, tapi kelembabannya tinggi. Itu namanya virus, bakteri, jamur itu happy banget,” katanya.

Terkait tawaran solusi, Dewan Pakar MPM PP Muhammadiyah, Syafii Latuconsina fenomena El Nino dan La Nina ini memang silih berganti. Sehingga perlu persiapan yang matang untuk menghadapinya.

“Menariknya Indonesia punya raw material yang cukup banyak untuk bisa mengantisipasi datangnya Elnino dan Lanina,” ungkapnya.

Syafii menyampaikan, biochar dari pembakaran gabah yang tidak sempurna itu bisa menjadi solusi untuk pembenahan tanah secara permanen. Penggunaan biochar berbahan organik ini menjadi alternatif dari bahan-bahan kimia yang merusak tanah.

Sebab tidak bisa dipungkiri, bahwa penyebab terbesar dari rusaknya tanah sebagai media tanam disebabkan salah satunya oleh penggunaan pupuk atau pestisida kimia yang berlebihan, sehingga menghilangkan unsur-unsur baik dari tanah itu. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini