UM Surabaya

Adapun untuk bisa meraih amal, iman dan ikhlas tersebut membutuhkan ilmu, penjelasan ketiganya adalah sebagai berikut :

1. Amal

Amal adalah perbuatan.  Yaitu dengan melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan.
Amal akan diterima, jika mengikuti syariat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
Dan sudah pasti, seseorang tidak dapat mengetahui syariat Islam, kecuali dengan ilmu.

Imam Ibnu Rajab rahimahullah berkata, “Pondasi takwa adalah, seorang hamba mengetahui apa yang harus dijaga, kemudian dia menjaga diri darinya”.
Barangsiapa meninggalkan amal, maka dia akan menyesal.

Allah SWT berfirman:

“Dan orang-orang kafir, bagi mereka neraka Jahanam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati, dan tidak pula diringankan dari mereka adzab nya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir. Dan mereka berteriak di dalam neraka itu, “Ya Rabb kami, keluarkanlah kami, niscaya kami akan mengerjakan amal shalih berlainan dengan yang telah kami kerjakan”.

Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan apakah tidak datang kepada kamu pemberi peringatan, maka rasakanlah adzab Kami dan tidak ada bagi orang-orang yang dzalim seorang penolongpun. (QS. Fathir : 36-37)

2. Iman

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menyatakan, : “Perkataan Thalq bin Habib) di atas cahaya dari Allah sebagai isyarat kepada iman, yang merupakan sumber amalan, dan yang menjadi pendorongnya”.

Seseorang yang melaksanakan perintah Allah dan menjauhi
larangan-Nya, jika tanpa landasan iman, maka amalan itu tidak akan diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Allah berfirman:

“Dan orang-orang yang kafir, amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu, dia tidak mendapatinya sesuatu apa pun. Dan didapatinya ketetapan Allah di sisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal- amalnya dengan cukup, dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya”. (QS. an Nuur : 39)

Sebagaimana syarat amal adalah ilmu, maka demikian juga untuk mengetahui iman, juga diperlukan ilmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini