Dua Keuntungan
foto: muhammed muheisen/ap

*) Oleh: Masr’oin Assafani MA,
Wakil Ketua PDM Lamongan

Allah mendambakan kepada hamba-Nya agar menjadi orang-orang yang beruntung, utamanya di akhirat kelak.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ طُوْبٰى لَهُمْ وَحُسْنُ مَاٰ بٍ

“Orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka mendapat kebahagiaan dan tempat kembali yang baik.” (QS. Ar-Ra’d 13: Ayat 29)

Walau demikian Allah memberi kelapangan dunia seluas-luasnya dan diharap tanaman di kebun indah dunia ini agar dijadikan sarana menuai bahagia di akhiratnya, Allah SWT berfirman:

مَنْ كَانَ يُرِيْدُ حَرْثَ الْاٰخِرَةِ نَزِدْ لَهٗ فِيْ حَرْثِهٖ ۚ وَمَنْ كَانَ يُرِيْدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهٖ مِنْهَا وَمَا لَهٗ فِى الْاٰخِرَةِ مِنْ نَّصِيْبٍ

“Barang siapa menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barang siapa menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia), tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat.”(QS. Asy-Syura 42: Ayat 20)

Kandungan Ayat 

Bobot isi pada ayat sangat spesifik:

1. Barang siapa menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya.

2. Allah menurunkan janji yang amat luas bagi peraih akhirat yaitu tambahan yg lebih, maknanya meraih akhirat akan Allah berikan bagian dunianya. Inilah dua keuntungan.

3. Barang siapa menghendaki keuntungan yang berkutat dunia, janji Allah “Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia).

Allah tetap memberi yang hanya seputar hal dunia, tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat.”

Catatan

1. Meraih akhirat dunia dapat. Inilah dua keuntungan yang menjanjikan dan yang sangat didambakan di dalam dua singgasana kebahagiaan.

2. Meraih dunia, akhirat lepas; ini hanya satu keuntungan, yaitu hanya dapat keuntungan duniawi, akhirat terabaikan.

Raja (Harapan)

Pertama ; Harapan kita adalah meraih dua keberuntungan, dunia bahagia dan akhirat juga bahagia serta meraihnya Allah berikan kemudahan, sebagaimana wahyu Allah SWT.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَنُيَسِّرُكَ لِلْيُسْرٰى ۖ

“Dan Kami akan memudahkan bagimu ke jalan kemudahan (mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat),” QS. Al-A’la 87: Ayat 8

Kedua doa, semoga Allah mengampuni kita serta senantiasa mengalirkan rahmatnya kepada kita semua, sebagaimana tertulis dalam wahyu agung sebagai berikut:

وَقُلْ رَّبِّ اغْفِرْ وَا رْحَمْ وَاَ نْتَ خَيْرُ الرّٰحِمِيْنَ

“Dan katakanlah (Muhammad), Ya Tuhanku, berilah ampunan dan (berilah) rahmat, Engkaulah pemberi rahmat yang terbaik.” QS. Al-Mu’minun 23: Ayat 118

أمين يارب العالمين

Memori

Penulis menulis dalam perjalanan ke Malang, dalam rangka ngopi bareng bersama PDM Jatim sewilayah barat. Semoga penuh berkah dan penuh rahmat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini