Mahasiswa Kedokteran UMY Rilis Empat Film Promosi Kesehatan
Mahasiswa Kedokteran UMY Rilis Empat Film Promosi Kesehatan.

Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuat langkah menarik dalam promosi kesehatan. Mereka memproduksi empat promosi kesehatan. Keempat film tersebut berjudul Getun, Toss, Bahaya tanpa Wujud, dan Tolong Berobat.

Keempat film ini merupakan luaran dari perkuliahan blok elektif Praktek Belajar Kesehatan Masyarakat (PBKM) yang diikuti mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Kedokteran UMY.

“Blok elektif PBKM ini diikuti mahasiswa Program Studi Kedokteran UMY dengan diawali melakukan diskusi terarah dengan empat Puskesmas. Dari diskusi terarah didapatkan isu kesehatan yang ada di masing-masing Puskesmas. Isu inilah yang kemudian direspon dengan produksi film promosi kesehatan,” jelas Muhammad Khotibudin, dosen pengampu blok PBKM Program Studi Kedokteran UMY, saat screening film di Gedung Amphiteater E Program Studi Kedokteran UMY pada Senin (10/6/2024).

Khotibudin menambahkan, setelah film diproduksi, mahasiswa melakukan penayangan di masyarakat. Ada empat Puskesmas yang didampingi mahasiswa yaitu Puskesmas Kasihan 1, Puskesmas Sedayu 1 dan 2, dan Puskesmas Kasihan 1.

Mahasiswa Program Studi Kedokteran UMY antusias dengan blok perkuliahan ini.

“Kami merasa sangat senang dengan model perkuliahan ini, karena kami diajak langsung terlibat dalam proses dari pra produksi, produksi, sampai pasca produksi film untuk promosi kesehatan,” ujar Muhammad Ganang Garnida, mahasiswa Program Studi Kedokteran UMY.

Ganang menambahkan, pelajaran penting yang didapatkan adalah bisa terjun langsung dengan masyarakat, dan berkolaborasi dengan Puskesmas dalam penyuluhan kesehatan melalui film. Ke depan, film yang dihasilkan akan ditayangkan di Puskemas, unggah di YouTube dan ikut festival. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini