PDM Jember Bareng PSSH UM Jember Menggelar Pelatihan Penyembelihan Halal
Pelatihan penyembelihan halal.

Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halalan Thoyiban (LPHKHT) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jember bekerjasama dengan Pusat Studi Sentra Halal (PSSH) Universitas Muhammadiyah (Unmuh)Jember menyelenggarakan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) dan pengolahan daging kurban yang higienis. Kegiatan mengambil tempat di di Universitas Muhammadiyah Jember, Sabtu (8/6/2024).

Dalam proses penyembelihan, peran Juleha sangat penting untuk memastikan penyembelihan hewan dilakukan sesuai dengan syariat Islam dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan daging yang aman, sehat, utuh, dan halal (sesuai syariat Islam).

Ketua PDA Jember Prof. Aminullah El-Hady, M Ag menyampaikan, sasaran kegiatan pelatihan ini sangat tepat, sebab untuk menjalankan syariat-syariat Islam perlu diedukasikanterlebih dahulu kepada para pimpinan cabang atau ranting Muhammadiyah.

Menurutnya, penyembelihan yang sesuai dengan tuntunan syariat akan memberikan kualitas yang baik, sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat dengan baik pula.

Prof. Amin juga menambahkan bahwa pelatihan penyembelihan ini menghindari hal-hal kecil yang dapat menyakiti hewan.

“Pada prinsipnya, memang hewan kurban harus disembelih, tapi jangan sampai membuat hewan itu merasakan penyiksaan,” ujar Prof. Amin.

Kegiatan pelatihan juga dihadiri oleh perwakilan Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah se- Kabupaten Jember.

Sementara itu, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Jember, Dhofir Catur Bashori, SHI, MHI menyampaikan, pihaknya berencana menerbitkan sertifikat khusus kepada para juru sembelih.

Menurutnya, dengan adanya sertifikat akan membuat masyarakat lebih percaya dengan juru penyembelih.

“Banyak masyarakat yang bisa menyembelih, tetapi bagaimana dengan tata caranya, apakah sudah memenuhi kaidah syariat. Sertifikat Juru Penyembelihan ini yang akan jadi jawaban,” lengkapnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir pula praktisi yang sangat ahli yaitu Firman Adi Wicaksono, AMd. Kep (Ketua Juleha Kabupaten Jember), drh. Rifki Nugroho (Kepala Pusat Kesehatan Hewan Bangsalsari), Dr. Safruddin Edi Wibowo, Lc. M.Ag. (Dosen UIN Khas Jember) dan Ara Nugrahayu N., STP, MSi (Dosen Prodi Teknik Industri Pertanian Unmuh Jember).

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam pelaksanaan ibadah kurban di masyarakat, sehingga ibadah kurban yang dilakukan benar-benar sesuai dengan tuntunan agama Islam dan memberikan manfaat yang besar bagi umat. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini